WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / 10 Tahun Blokade Terhadap Jalur Gaza

10 Tahun Blokade Terhadap Jalur Gaza

Lebih dari 10 tahun sudah blokade menimpa Jalur Gaza dan menjadi penjara terbesar dalam sejarah dunia. Kondisi seperti ini tidak boleh didiamkan. Ketika ditanya siapa yang bertanggungjawab terhadap kezaliman ini? Jawabannya adalah Barat dan bangsa Arab sendiri, termasuk juga mereka yang hanya berdiam diri menyaksikan belokade ini terjadi.

Ada sekitar 2 juta jiwa terkurung dalam blokade yang sangat mematikan itu, mereka dilarang untuk mendapatkan hak-haknya sebagai seorang manusia merdeka dan setiap harinya selalu dihantui pembantaian demi pembantaian.

Sudah saatnya sekarang kita bekerja untuk Palestina secara bersama-sama, mencabut blokade yang ditimpakan kepada mereka. Serta melakukan tekanan terhadap  masyarakat Barat dan juga penjajah Israel.

Adapun mereka pihak Otoritas Palestina harus segera menghentikan politiknya dalam mencari dukungan Barat dan pengakuan parlemen dunia atas negara Palestina, karena ada yang lebih penting dari lobi-lobi itu.

Yang harus dilakukan segera adalah mencabut blokade terhadap Jalur Gaza, karena itu menjadi sarat utama untuk menghubungkan Palestina dengan akses dunia luar. Kalau langkah itu yang dilakukan maka dunia akan memberikan perhatian penuh terhadap kejahatan yang dilakukan Israel terhadap Jalur Gaza dan bangsa Palestina.

Hal lainnya yang diminta kepada Otoritas Palestina adalah agar mereka tidak melakukan perundingan apapun dengan musuh yang telah membantai rakyat Palestina. Karena perundingan dengan Zionis Israel dan juga Barat, hanya memberikan kesan kepada dunia bahwa Palestina terkhusus Jalur Gaza dalam keadaan baik-baik saja. Dan itu merupakan kampanye yang memberi kerugian terhadap rakyat Palestina.

Dengan strategi itu penindasan, penyiksaan dan blokade yang dirasakan rakyat di Jalur Gaza tidak pernah didengar oleh dunia.

Para penduduk Jalur Gaza tidak akan mampu hidup bertahan dibawah blokade. Hidup mereka tidak boleh dihantui dengan pembantaian dan larangan merdeka seperti sekarang. Faksi-faksi di Palesitan pun diharapkan untuk serius berbuat untuk menyudahi blokade menyedihkan ini yang dipaksakan oleh pihak luar.

Faksi-faksi Palestina khususnya yang berada di Jalur Gaza sudah seharusnya yakin dengan kebenaran pilihan mereka melalui perlawan. Termasuk didalamnya adalah pilihan untuk melakukan gencatan senjata dengan Israel di pertempuran terakhir kemarin. Hal itu merupakan pilihan strategis sekaligus pembuktian akan komitmen perjuangan mereka.

Kepada berbagai pihak agar tidak menyalahkan sikap perlawanan yang dipilih oleh para pejuang Palestina, karena blokade ini bukanlah kesalahan mereka.

Yang bertanggungjawab adalah pertama, penjajah Israel yang mendapat dukungan dari Barat. Kedua, pihak yang selama ini menutup gerbang penyebrangan darat Rafah, yaitu Rezim Kudeta Mesir yang mendapat payung dukungan dari Liga Arab.

Tidak mungkin kita menyalahkan kasus blokade ini terhadap orang-orang yang ada di Jalur Gaza, karena mereka sendiri adalah korban. Dengan melempar tanggungjawab atas blokade ini kepada warga Palestina sama artinya dengan membebaskan penjahat Israel dan para pendukungnya dari kejahatan mereka.

 

DR. Ishom Syawir

sumber: felesteen.ps

About admin

Check Also

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina- Palestine Update

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina

Palestineupdate.com – Israel telah melarang pemberian visa untuk para akademisi yang mencoba bekerja di universitas-universitas terkemuka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *