WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Wacana / 4 Rekomendasi Buku Untuk Mengenal Palestina

4 Rekomendasi Buku Untuk Mengenal Palestina

Jared Kushner, penasihat khusus Donald Trump, yang mengaku sudah menghabiskan banyak buku untuk mempelajari tentang Palestina / Foto: Middle East Eye

Menggali informasi tentang Palestina selalu menarik perhatian setiap pembaca, informasi yang disajikan selalu membuat banyak orang penasaran. Sehingga tak jarang orang banyak menggali referensi untuk menjawab tanda tanya dibenak mereka.

 

Palestineupdate.com— Dari manakah biasanya kamu mendapatkan informasi tentang berita Palestina? selain dari media elektronik dan media cetak, tentu informasi daring menjadi salah satu sumber yang sering dipergunakan kan?

Tapi tahukah Sahabat Palestine Update, jika terdapat banyak referensi buku tentang Palestina yang tentunya wajib kamu baca sebagai tambahan referensi.  Berikut Palestine Update sajikan informasinya yang juga berkaitan dengan keadaan Palestina hari ini untuk Sahabat semua.

 

  1. The Question Of Palestine Karya Edward Said.

Cover Buku The Question Of Palestine/foto:amazon

Buku ini diterbitkan pada tahun 1979. Buku yang ditulis oleh Edward Said ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para pembaca. Tema-tema yang dibahas dalam buku ini sangat berkaitan erat dengan situasi yang dialami oleh orang-orang Palestina, termasuk di dalamnya diulas mengenai sejarah peristiwa Nakba yang menyakitkan, membahas juga terkait dengan deklarasi Balfour yang menjadi sebentuk dasar yuridis Zionis Yahudi memasuki Palestina, dan juga mengenai sejarah serta bentuk-bentuk perlawanan rakyat Palestina untuk bebas dari penjajahan.

Baca Juga: Rangkuman Berita Terbaru Serangan Israel ke Gaza

 

  1. The Gun and The Olive Branch karya David Hirst

Cover Buku The Gun And The Olive Branch/foto:amazon

The Gun and The Olive diterbitkan pada tahun 1977. Selain menulis buku ini, David Hirst, juga terkenal sebagai seorang reporter untuk The Guardian di Timur Tengah. Disela tugas pekerjaanya, dirinya juga turut meneliti mengenai Palestina dan konflik yang terjadi di negara tersebut.

Buku ini membahas mengenai sejarah umum yang berkaitan dengan konflik Israel dan Palestina. David Hirst kemudian melacak asal-usul dari konflik yang terjadi antara kedua negara tersebut, sampai kembali ke tahun 1880-an. Buku ini banyak mengulas mengenai bagaimana sejarah konflik Timur Tengah, juga membahas mengenai rencana perdamaian Israel-Palestina yang akhirnya gagal.

 

  1. Palestine

Cover Buku The Gun And The Olive Branch/foto:goodreads

Buku menarik selanjutnya datang dari karangan Joe Sacco yang berjudul Palestine. Buku ini begitu menarik perhatian. Tidak seperti buku-buku lain pada umumnya yang didominasi oleh tulisan dan penjabaran kisah yang panjang.

Joe Sacco yang juga berlatar belakang sebagai jurnalis ini menyajikan kisah pengalamannya selama bertugas dengan penuh emosional, dilengkapi dengan visualisasi cerita lewat komik, sehingga pembaca tidak akan merasakan bosan menikmati setiap alur dari kisahnya.

Dalam buku yang juga mengambil narasumber langsung dari warga Palestina ini, menceritakan tentang bagaimana penderitaan dan juga diskriminasi yang dialami oleh warga asli Palestina, sampai kekerasan yang dilakukan oleh aparat tentara Israel terhadap warga sipil yang kerap kali alasannya hanya menghada-ngada.

Buku yang meraih penghargaan “Amerikan Book Award” tahun 1996 ini, menjadi salah satu referensi yang harus di masukan dalam daftar buku bacaan sahabat, untuk menambah wawasan terhadap Palestina yang tidak akan didapatkan dari melihat televisi, maupun media mainstream lainnya.

 

  1. Gate Of The Sun

The Gate Of  The Sun/foto:goodreads

Buku ini merupakan karya dari Elias Khoury yang berbentuk novel. Kendati buku ini merupakan sebuah karya sastra, namun kisah yang disajikan berdasarkan kepada kisah-kisah nyata desa di Palestina yang mengalami pengusiran besar-besaran pada tahun 1948.

Elias Khoury, menghabiskan bertahun-tahun untuk mengumpulkan kisah-kisah para pengungsi yang menjadi bagian dan melatar belakangi kisah dari buku ini, kala dirinya bekerja di Pusat Penelitian Palestina di Beirut, pada tahun 1960-an. Sajian epik dalam setiap bagian ceritanya dapat menggetarkan resonansi kemanusiaan bagi siapapun yang membacanya.

Nah, demikian beberapa rekomendasi buku yang dapat Sahabat Palestine Update baca untuk menambah wawasan dan referensi mengenai Palestina. Juga tentunya nantikan selalu informasi terbaru di laman website Palestine Update ya!

(itari/Palestineupdate)

(Sumber: Middle East Eye)

About admin

Check Also

Gaza Darurat Corona, Israel Harus Tanggung Jawab!

Laju penyebaran virus  COVID-19 terus merangsek menuju wilayah Gaza. Dengan kondisi blokade yang dilakukan oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *