WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Al-Aqsha / 7 Kemuliaan Masjid Al-Aqsha Menurut Ayat-ayat Alquran

7 Kemuliaan Masjid Al-Aqsha Menurut Ayat-ayat Alquran

Palestineupdate.com – Masjid Al-Aqsha memang bukanlah masjid biasa. Seperti yang sudah diketahui umum bahwa masjid tersebut merupakan masjid suci ketiga di dalam agama Islam. Selain itu, Al-Aqsha juga memiliki tujuh kemuliaan menurut ayat-ayat Alquran yang dilansir dari Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha.

1. Nama Masjid Al-Aqsha disebutkan secara tekstual dalam Alquran. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra: 1.

“Mahasuci Allah SWT, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjid Al-Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

2. Masjid Al-Aqsha (Bait Al-Maqdis) berada di tanah yang disucikan (Al-Ardh Al-Muqaddasah). Allah SWT berfirman dalam suarat Al-Maidah: 21.

“(Musa berkata): Hai Kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah SWT bagimu, dan janganlah kamu lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.”

3. Perintah Allah SWT untuk memasuki tanah ini dalam keadaan tunduk (taat). Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah: 58.

“Dan (ingatlah), ketika Kami berfirman: ‘Masuklah kamu ke negeri ini (Baitul Maqdis), dan makanlah dari hasil buminya, yang banyak lagi enak di mana yang kamu sukai, dan masukilah pintu gerbangnya sambil bersujud, dan katakanlah, ‘Bebaskanlah kami dari dosa’, niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu, dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Baca Juga: Qurban dan Masjid Al-Aqsha

4. Tanah yang disucikan ini akan diwariskan kepada kaum yang tertindas tapi sabar. Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf: 137.

“Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bagian timur bumi dan bagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang bai (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka.”

5. Negeri tempat diselamatkannya para nabi dan rasul dari umatnya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Anbiya: 71.

“Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.”

6. Tempat yang penuh dengan keberkahan di dalamnya. Allah SWT berfirman dalam surat Saba: 18.

“Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkah kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam hari dan siang hari dengan aman.”

7. Masjid Al-Aqsha adalah kiblat pertama kaum Muslim. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah: 144.

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya…”

Itulah tujuh kemuliaan Al-Aqsha yang tidak hanya tercantum dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW, tapi juga tercantum dalam ayat-ayat suci Alquran. Semoga menambah pengetahuan dan menambah kecintaan kita pada masjid suci ketiga tersebut. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina- Palestine Update

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina

Palestineupdate.com – Israel telah melarang pemberian visa untuk para akademisi yang mencoba bekerja di universitas-universitas terkemuka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *