WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / 7 Taktik Penjajah Israel untuk Kuasai Jalur Gaza

7 Taktik Penjajah Israel untuk Kuasai Jalur Gaza

palestineupdate.com – Pusat Pertahanan Kebebasan Hamas membuat sebuah penelitian, dengan hasil temuan yang menegaskan bahwa Jalur Gaza berada di bawah kendali Israel, secara langsung maupun tidak langsung. Dari 50 taktik yang dilakukan penjajah terhadap wilayah, akan dibahas 7 poin di antaranya dalam kabar Palestina hari ini. Mari kita simak bersama-sama!

 

Berita Palestina: Kehidupan Pesisir Gaza Semasa Blokade Israel

 

1. Pengendalian Wilayah Udara

Penjajah Israel mengendalikan wilayah udara Jalur Gaza dan aksesnya hanya diberikan kepada pesawat tempur penjajah, baik itu pesawat mata-mata ataupun pesawat tempur yang diluncurkan pada siang dan malam hari. Hal ini lantas menimbulkan stres dan menjadi gangguan bagi warga di sana.

2. Larangan Membangun Ulang Bandara

Israel melarang Gaza membangun ulang bandar udara yang dulu dihancurkan pada tahun 2001, ataupun pelabuhan, hingga menyebabkan warga kesulitan melakukan aktivitas – baik melalui perbatasan Rafah maupun perbatasan lainnya. Perbatasan Rafah bahkan hanya dibuka selama beberapa hari dalam waktu satu tahun, termasuk perbatasan Erez di Beit Hanun yang hanya digunakan sekitar 5% warga – itu pun jika berada dalam kondisi genting.

3. Hukuman Kolektif

Israel secara sepihak mengizinkan pihaknya menjatuhkan hukuman kolektif terhadap warga Gaza, dalam kebijakan “carrots and sticks”; contohnya seperti menutup penyeberangan komersial Karam Abu Salam dan mengurangi jumlah penangkapan ikan di laut – sesuai dengan keinginan penjajah.

berita palestina 2 - wilayah pemblokadean jalur gaza - www.palestineupdate.com (2)
Keterangan foto: Pesisir pantai Gaza. (Sumber. TRT World)

 

4. Pemberlakuan Zona Penyangga

Penjajah memberlakukan zona penyangga sedalam 300 meter di Jalur Gaza, di seluruh area yang berbatasan dengan Israel. Hal ini menyebabkan akses ke daerah terhalang. Jika ada yang mendekatinya akan berisiko terluka atau bahkan kehilangan nyawa.

5. Pembatasan Area Penangkapan Ikan

Israel melakukan banyak pembatasan area penangkapan terhadap warga Gaza – yang mencapai 6 mil laut saja, sedangkan di dalam Perjanjian Oslo tahun 1993 disebutkan bahwa area melaut tidak kurang dari 20 mil laut, yang disetujui sebagai batas teritorial. Akan tetapi, Israel seenaknya mengubah batas area melaut berdasarkan keinginannya sendiri.

6. Pencegahan Perbaikan Kapal

Cara penjajah Israel mencegah perbaikan kapal milik nelayan pribumi adalah dengan mencegah masuknya bahan-bajan untuk perbaikan, seperti fiberglass. Karena hal tersebut, banyak nelayan yang kehilangan mata pencaharian akibat perahu yang belum juga diperbaiki.

 

Berita Palestina: Zionis Buat Protokol-protokol untuk Kuasai Dunia, Apa Benar?

 

7. Ikut Campur Terkait Pembangunan Infrastruktur

Penjajah memutuskan sendiri setiap proyek untuk pengembangan di Gaza. Contohnya, mereka memutuskan dan menyetujui jumlah kebutuhan bangunan serta tempat pelaksanaan proyek, dengan membentuk komite untuk memantau proyek dan tingkat penerapannya.

Itulah sejumlah taktik penjajah untuk memegang kendali di wilayah pemblokadean, yang belum seberapa dengan hasil penelitian yang mencapai 50 taktik. Semoga adanya informasi ini membuat kita lebih bersemangat dalam membantu perjuangan Palestina. (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Melayu Palinfo

About admin

Check Also

UU Senjata Israel - 01 - www.palestineupdate.com

Undang-Undang Persenjataan Israel Hantui Palestina

Fakta seputar UU Senjata Israel yang mengancam keamanan penduduk Palestina. palestineupdate.com – UU Kepemilikan Senjata bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *