WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Apakah Semua Orang Palestina Beragama Islam?

Apakah Semua Orang Palestina Beragama Islam?

Tak hanya Muslim, Kristen dan Yahudi juga telah lama mendiami Palestina.

palestineupdate.comPenduduk Palestina nyatanya tak semuanya beragama Islam, pemeluk agama lainnya juga telah lama mendiami tanah anbia ini. Lalu. pemeluk agama apa saja yang juga menjadi penduduk Palestina? Simak informasi selengkapnya, dari Palestine Update, portal berita terkini tentang Palestina.

Tak Hanya Islam

PU-2- Apakah Semua Orang Palestina Beragama Islam-www.palestineupdate.com(2) www.palestineupdate.com
(Penduduk Muslim di Palestina saat menjalankan ibadah shalat Jumat di Masjid Al Aqsa/dok.The New Arab)

Ternyata penduduk Palestina bukan hanya terdiri dari pemeluk agama Islam. Agama samawi lainnya seperti Kristen dan Yahudi, juga telah mendiami Palestina dengan begitu lama. Penduduk asli Palestina yang beragama Kristen dan Yahudi menjadi salah satu tetangga baik bagi penduduk Muslim, sebelum kedatangan penjajah Israel.

PU-2- Apakah Semua Orang Palestina Beragama Islam-www.palestineupdate.com(3)
(Pertemuan antara pemimpin umat Kristen dan Islam di Palestina/dok. World Council of Churches)

 

Pemeluk agama Islam di Palestina menjadi pengisi presentase paling besar, dengan 93% penduduk Palestina adalah Muslim sekte Sunni. Penganut agama Kristen berada di kisaran 6% dari total penduduk. Sedangkan sejumlah kecilnya lagi merupakan orang Samaria (penganut bentuk awal Yudaisme) yang tinggal di sekitar Nablus, Tepi Barat.

 

Baca Juga: Kenalan Yuk Dengan Sosok Penjaga Al Aqsa!

 

Imbas Penjajahan, Lukai Semua Penduduk Pribumi

PU-2- Apakah Semua Orang Palestina Beragama Islam-www.palestineupdate.com(4) - www.palestineupdate.com
(Perlakuan sewenang-wenang penjajah selalu merugikan pribumi Palestina/dok. PBS)

 

Kehidupan penduduk Palestina menjadi beragam. Namun, setiap penduduk saling bertetangga dengan baik dan memegang toleransi yang tinggi. Tapi, semua kehidupan damai itu berubah dengan drastis. Terlebih setelah peristiwa nakba terjadi di Palestina.

Pada 1948, penjajah Israel datang memboyong orang-orang Yahudi dan mengusir pergi penduduk Palestina. Penduduk mayoritas Palestina, yakni Muslim jelas dirugikan sekali atas tindakan kesewenang-wenangan Israel. Penduduk pribumi beragama Kristen dan Yahudi, juga turut menjadi korban dari penjajahan.

 

Baca Juga: 3 Simbol Perjuangan Kemerdekaan Palestina

 

Penjajahan yang tak kunjung berhenti ini telah berdampak serius pada semua penduduk yang ada di Palestina. Umat Kristen di Palestina hingga kini ada sekitar 3% dari total semua populasi. Sedangkan sejumlah kecil penduduk pribumi yang beragama Yahudi dan terikat dengan gerakan Neturei Karta, justru menolak keras segala bentuk penjajahan yang dilakukan Zionisme. Bahkan mereka dengan bangga menyebut diri mereka sebagai orang Palestina.

Penasehat Presiden Palestina, Mahmoud Al-Habbash seperti dilansir Republika, mengatakan jika pada dasarnya, kehidupan dengan Yahudi asli pribumi Palestina itu berjalan dengan rukun, saling tenggang rasa di antara setiap penduduk yang berbeda keyakinan.

“Di wilayah Palestina banyak warga Yahudi, tapi mereka hidup bahagia dan mengakui sebagai orang Palestina, bangga pada Palestina, dan senang membantu warga yang sedang dalam kesultan” ujarnya. (itari/palestineupdate)

About admin

Check Also

PU-5-Jericho; Kota Tertua Dunia yang Ada di Palestina-www.palestineupdate.com(1)

Jericho; Kota Tertua Dunia yang Ada di Palestina

Siapa sangka ternyata kota tertua di dunia berada di Palestina palestineupdate.com – Palestina sebagai negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *