WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Bagaimana Awal Mula Pemblokadean di Gaza?

Bagaimana Awal Mula Pemblokadean di Gaza?

Pemblokadean di Gaza terjadi setelah Hamas memimpin wilayah di tahun 2007, dilakukan oleh Israel dan Mesir.

Palestineupdate.com – Selama ini, publik lebih mengetahui kondisi warga Gaza yang merupakan korban dari dampak pemblokadean. Akan tetapi, belum banyak orang mengetahui awal mula pemblokadean bisa terjadi, serta tindakan apa saja yang dilakukan penjajah terhadap wilayah. Kalau begitu langsung simak kabar Palestina hari ini saja, yuk!

Bersama Mesir, penjajah Israel melakukan pemblokadean terhadap wilayah Gaza setelah Hamas – partai politik Islam yang memiliki sayap militer – mengambil alih wilayah di bulan Juni 2007. Ketika Israel dan Mesir melakukan pemblokadean secara fisik, sejumlah anggota komunitas internasional (termasuk Kanada dan Amerika Serikat) tidak mempertanyakan atau menentang tindakan tersebut di tiga tahun pertama.

Berita Palestina: Blokade Sebabkan Gaza Alami Kerugian hingga 70 Juta Dolar

Dukungan Mesir terhadap pemblokadean Israel terutama dikarenakan hubungannya dengan Amerika Serikat dan Israel. Mesir juga memiliki alasan ideologis internal untuk mengisolasi Hamas, dan dengan demikian lebih menyukai Fatah – partai politik Palestina lainnya – dibandingkan Hamas. Pada akhirnya, Fatah – partai yang mengontrol wilayah Tepi Barat – telah menekan Mesir untuk melakukan pemblokadean.

Sementara itu, untuk Amerika Serikat dan Kanada sendiri, menurut tradisi keduanya mendukung pemblokadean karena setuju dengan klaim Israel; bahwa Hamas merupakan kelompok teroris. Beberapa negara di Eropa juga mendukung, namun tidak setuju dengan bentuk pemblokadean yang semakin meluas.

Beberapa bentuk pemblokadean yang dilakukan adalah sebagai berikut; wilayah hanya memiliki dua pintu masuk-keluar di darat, yakni Erez di bagian utara (dikontrol oleh Israel) dan Rafah di bagian selatan (dikontrol oleh Mesir); Mesir membangun dinding baja di bawah tanah (di wilayah perbatasan) agar warga tidak bisa membuat terowongan; Israel juga mengontrol jalur udara beserta jalur laut.

berita palestina - pemblokadean di gaza (2) - www.palestineupdate - Palestine Update
Keterangan Foto: Perbatasan Gaza-Mesir, Rafah. (Sumber. Honest Reporting)

Itu hanyalah sebagian kecil dari bentuk pemblokadean Israel dan Mesir, hingga pada akhirnya kondisi wilayah Gaza sangatlah buruk. Tidak hanya memblokade, penjajah juga sering kali melakukan serangan terhadap wilayah, yang menyebabkan kerusakan parah di sektor infrastruktur dan telah menghilangkan banyak nyawa tak bersalah.

Seperti yang belum lama ini terjadi, Israel kembali melakukan serangan udara dan menyebabkan syahidnya seorang pemimpin dari Jihad Islam, bernama Bahaa Abu Ata, beserta istri dan sejumlah warga lain. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. CJPME, dan lainnya

About admin

Check Also

berita palestina - warga tepi barat tinggal di gua (1) - www.palestineupdate.com - Palestine Update

Terlantar Antarkan Mereka pada Gua-gua di Tepi Barat

Tidak cukup dengan menghancurkan rumah warga Palestina di Area C, Tepi Barat, penjajah secara tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *