WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Bagaimana Jika Virus Corona Sampai ke Gaza?

Bagaimana Jika Virus Corona Sampai ke Gaza?

Aktivitas pemuda Palestina di sepanjang jalan tepi pantai Gaza/foto: Middle East Eye

Wabah virus Corona yang menjangkit menjadi sebuah ketakutan di sana sini. Wilayah Gaza menjadi salah satu dari sedikitnya wilayah yang sampai saat ini belum terinfeksi.

 

Palestineupdate.com Dunia tengah digemparkan oleh virus 2019-nCoV atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona. Virus yang berawal dari kota Wuhan, China ini kini telah  menyebar ke berbagai negara. Setiap negara telah menyiapkan antisipasi di masing-masing fasilitas kesehatan terbaiknya.

Namun, bagaimana jika virus yang telah memakan korban hingga ratusan ribu ini masuk ke wilayah yang sedang mengalami penjajahan seperti Gaza? di mana fasilitas kesehatan kerap porak poranda diterjang rudal udara.

Simak ulasan kabar Palestina hari ini bersama Palestine Update, portal berita Palestina terkini dan terpercaya.

 

Sampai Saat Ini Belum Ada Laporan Kasus Corona di Gaza

Aksi solidaritas anak-anak Palestina terhadap virus Corona/foto:Majdi Fathi

Virus Corona yang telah banyak menyebar ke berbagai negara ini telah  memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Tidak hanya korban yang positif tertular, bahkan yang meregang nyawa pun bertambah setiap harinya.

Dalam sejumlah berita yang beredar, virus Corona ini telah menyebar ke lebih dari 45 negara di seluruh dunia, termasuk diantaranya seperti Amerika Serikat, Singapura, Prancis, Rusia, serta masih banyak lagi negara yang telah memberitakan warganya positif terkena Corona. Termasuk di dalamnya negara-negara Timur Tengah tidak luput terkena virus.

Meskipun beberapa negara tetangga Palestina sudah memiliki kasus warga negara yang positif terkena virus Corona, akan tetapi sampai sejauh ini, Kementerian Kesehatan Palestina dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa belum mencatat penduduk Palestina yang postitif terkena Corona. Kementerian mengatakan 129 sampel telah diambil dari kasus yang diduga positif tertular virus Corona. Kementerian juga melansir bahwa 55 orang telah dikarantina setelah kembali dari negara-negara yang terkena virus.

 

Respon Rakyat Palestina Terhadap Virus Corona 

Rakyat Palestina turut memberikan simpati dan komentar terhadap apa yang tengah dialami dunia. Lewat akun-akun media sosialnya, warga Palestina memberikan sejumlah pendapatnya. Pendapat rakyat Palestina ini mencerminkan bentuk kepedulian terhadap penyakit yang tengah menjadi ketakutan banyak negara di dunia. Sekaligus mengabarkan kepada dunia kondisi blokade yang telah dilakukan Israel belasan tahun lamanya, juga menjadi isu yang penting untuk diperbincangkan.

 

Baca Juga: Reaksi Pemimpin Dunia Terhadap Deal of The Century

 

“Insya Allah, sulit bagi virus Corona untuk mencapai Gaza. Karena Gaza telah dikarantina selama 14 tahun lamanya.” Pendapat ini dikemukakan oleh Monzer Rajab ketika mengomentari sebuah postingan Facebook yang membahas terkait dengan virus Corona yang mulai memasuki Lebanon. Tentunya ungkapan dari Rajab sebagai bentuk sindiran mengacu pada blokade terhadap Gaza yang telah dilakukan Israel.

Aksi solidaritas anak-anak Palestina terhadap virus Corona/foto:Majdi Fathi

Seorang aktivis Palestina, Loai Harazin juga mengungkapkan keresahannya lewat akun Twitter dengan menyebutkan bahwa blokade yang dilakukan Israel telah mendatangkan manfaat “positif” karena Israel telah membuat kesulitan perjalanan, dan isolasi bagi Gaza, sehingga bukan hanya manusia, bahkan virus Corona pun sulit untuk mencapai Gaza.

Selain respon simpati yang dikemukakan, di lain sisi Areej Muhammed (28 tahun) mengemukakan kekhawatiran jika sampai virus Corona masuk ke Jalur Gaza. Dengan keterbatasan fasilitas kesehatan yang dimiliki Gaza saat ini, tentu akan sangat beresiko dalam menangani korban yang terinfeksi.

Tetapi bagi orang-orang Palestina sendiri, menghadapi situasi yang krisis adalah makanan sehari-hari, hidup dalam keadaan perang, rudal yang berterbangan kesegala arah, bahkan menyaksikan saudara menjemput syahidnya telah meyakinkan mereka, bahwa mereka mampu menghadapi setiap tantangan dan ujian selama Allah tetap menjadi pegangan.

(itari/palestineupdate)

(Sumber: Middle East Eye)

 

About admin

Check Also

berita palestina - pabrik tekstil di jalur gaza - www.palestineupdate.com (1) - www.palestineupdate.com

Gaza Ekspor Masker ke Israel, Ironis tapi Manusiawi

Sekilas memang ironis, ketika melihat mereka harus memproduksi masker untuk penjajah, namun mereka justru sangatlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *