WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Belanda Akui 3 Wilayah Palestina sebagai Tempat Kelahiran

Belanda Akui 3 Wilayah Palestina sebagai Tempat Kelahiran

Palestineupdate.com – Di Negeri Kincir Angin, warga Palestina yang lahir setelah 1948 hanya diberi dua pilihan untuk status tempat kelahiran mereka: “Israel” atau “Tidak Diketahui”. Akan tetapi, Belanda kemudian akan mengakui Jalur Gaza, Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, sebagai tempat kelahiran warga Palestina yang menetap di sana.

Melansir dari Maannews.com, kabar baik tersebut dikatakan oleh Sekretaris Negara Belanda Raymond Knops kepada Dewan Perwakilan Rakyat di Den Haag, belum lama ini.

Belanda yang tidak mengakui Palestina sebagai negara berdaulat, menawarkan dua pilihan di atas terkait status tempat kelahiran mereka dalam catatan sipil Belanda. Raymond menulis surat pada Dewan Perwakilan Rakyat, mengatakan bahwa dirinya bermaksud untuk menambahkan Jalur Gaza, Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, ke dalam daftar negara resmi yang digunakan oleh catatan sipil Belanda.

Belanda Akui Palestina -
Keterangan foto: Sekretaris Negara Belanda, Raymond Knops. (Sumber. Palestine News Network)

Kategori baru akan berlaku bagi warga Palestina yang lahir setelah 15 Mei 1948, hari di mana Mandat Inggris secara resmi berakhir dan Israel menjadi “negara” yang diakui.

Dalam suratnya Raymond menyatakan; kategori baru tersebut bersesuaian dengan sudut pandang Belanda bahwa Israel tidak memiliki kedaulatan di wilayah-wilayah tersebut, serta penolakan Belanda untuk mengakui Palestina sebagai negara.

Raymond menambahkan bahwa kategori tersebut diberi nama berdasarkan Perjanjian Oslo dan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga: Aktivis Belanda Pro Palestina Berdemo Seorang Diri selama 4,5 Tahun

Ketika Majelis Umum PBB dan sedikitnya 136 negara telah mengakui Palestina sebagai negara berdaulat, kebanyakan dari anggota Uni Eropa menahan diri dari pengakuan tersebut sampai status semacam itu ditetapkan perjanjian damai, antara Israel dan Palestina.

Menurut kantor berita Belanda, hingga 2014, Israel merupakan satu-satunya tempat kelahiran yang tersedia untuk pendataan warga Palestina di Belanda. Kategori “Tidak Diketahui” yang juga dikenal sebagai “0000”, diberlakukan kepada warga Palestina di Belanda setelah pertentangan memasukkan Israel sebagai tempat kelahiran mereka. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Pameran Gaza - Palestine Update

Pameran Buku 2019 Diselenggarakan di Wilayah Pemblokadean Gaza

Palestineupdate.com – Semangat mencari ilmu warga Palestina di wilayah pemblokadean Jalur Gaza tidaklah surut. Terbukti dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *