WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / AlQuds / Beragam Warna di Tanah Pemblokadean Jalur Gaza

Beragam Warna di Tanah Pemblokadean Jalur Gaza

Selain warna abu yang mendominasi wilayah pemblokadean, warna-warna lain juga menghiasi Gaza dan mempercantik potret di sana.

Palestineupdate.com – Di tahun 2013, Ali Abunimah – salah satu pengunjung laman Electronic Intifada pengunjung wilayah pemblokadean. Ia yang awalnya berpikir bahwa Gaza hanya memiliki warna kelabu, tetapi juga memiliki beragam warna seperti pelangi. Bagaimana perjalanan inspiratifnya di tanah Gaza? Simak kabar Palestina hari ini, ya!

Sebelum Ali berangkat ke Jalur Gaza untuk berangkat “Palestine Festival of Literature” (palfest.org), dia hanya mengenal Palestina melalui tulisan, gambar, dan video. Kota Gaza akan terasa sangat padat dan padat, meski memang ada daerah yang terasa seperti itu. Akan tetapi, pendapat Ali tentang kota tua ini dianggap santai layaknya kota Pesisir hanya lebih kecil, yang sejarahnya meluas hingga ke zaman kuno.

berita palestina - suasana kota gaza (1) - www.palestineupdate.com - Update Palestina
Keterangan foto: Suasana di Kota Gaza pada hari Jumat pagi. (Sumber. Electronic Intifada)
berita palestina - salah satu toko buku di Gaza (3) - www.palestineupdate.com - Pembaruan Palestina
Keterangan foto: Toko buku Al-Yazji di Jalan Al-Busta, Kota Gaza. (Sumber. Electronic Intifada)

Infrastruktur-infrastruktur hancur terlihat di mana-mana di sekitar kota. Ada sisa bangunan yang terkena serangan telah disingkirkan, namun ada juga yang masih tersisa. Menurutnya, betapa mengerikan ketika membayangkan bagaimana situasinya saat Israel melakukan serangan.

“Meski begitu, kehancuran-kehancuran tersebut bukanlah kesan yang membekas (bagi saya) mengenai Kota Gaza dan bukan menjadi fokus saya,” ungkapnya.

berita palestina - salah satu bangunan hancur akibat serangan israel di gaza (2) - www.palestineupdate.com - Update Palestina
Keterangan foto: Bangunan dengan pembangkit listrik yang rusak karena serangan Israel. (Sumber. Electronic Intifada)

Kota Gaza adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan: sama seperti kota-kota lain yang ada di dunia. Warga bangun setiap hari dan pergi bekerja. Para siswa dan anak kecil pergi ke sekolah di pagi yang hening, namun sesekali terdengar suara orang berbincang dan desingan mobil yang melintas, lanjutnya.

Berita Palestina : Keindahan di Balik ‘Jeruji Besi’ Jalur Gaza

Selama ribuan tahun, Gaza sebagai kota Pesisir merupakan titik penyeberangan kosmopolitan – yang membuat isolasi sekarang ini sebagai akibat dari pemblokadean Israel, dan hanya terasa semakin kejam dan pedih saja.

Itulah bebarapa potret yang menarik perhatian seorang Ali. Ia mengungkapkan, apa yang tidak ditangkap oleh potret adalah kesenangan, kehangatan, kesenangan, keterbukaan, dan kontribusi intens semua orang yang terlibat temui, lebih dari mendukung bangunan atau pemandangan – serta akan membekas dalam ingatan. (kimikim / palestineupdate )

 

Sumber. Intifada elektronik

About admin

Check Also

berita palestina - intifada pertama di palestina (1) - www.palestineupdate.com - Palestine Update

Memori Intifada Pertama yang Begitu Membekas

Intifada Pertama yang terjadi puluhan tahun lalu masih membekas kuat di ingatan orang-orang, termasuk bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *