WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Bilal Tamimi: Kamera Adalah Senjata Saya

Bilal Tamimi: Kamera Adalah Senjata Saya

Palestineupdate.com – Selama dekade terakhir, warga Palestina di kampung Nabi Saleh, Tepi Barat, telah melakukan aksi-aksi demonstrasi pekanan dalam memprotes gangguan Israel di tanah mereka.

Bilal Tamimi, seorang warga Palestina dari kampung tersebut, telah melakukan dokumentasi serangan-serangan Israel di kampung melalui kameranya.

Ia mulai merekam saat organisasi kemanusiaan B’Tselem meminta agar seseorang di Nabi Saleh mendokumentasikan serangan-serangan Israel, sekitar waktu yang sama saat demonstrasi dimulai tahun 2009.

Keluarga Tamimi, yang rumahnya terletak di Nabi Saleh, telah menjadi sasaran penangkapan, gangguan, penyerangan, serangan yang menyebabkan cacat, dan pembunuhan – oleh para penjajah Israel.

“Saya pernah menjadi sasaran peluru (jenis live ammunition) dan bom gas air mata tentara Israel, yang ditargetkan langsung kepada saya, juga peluru baja berlapis karet. Saya cedera. Wajah saya pernah disemprot dengan semprotan merica. Saya (juga) ditahan berkali-kali,” ucap Bilal.

Selain itu, Ahed Tamimi, seorang remaja asal Nabi Saleh, pernah ditahan selama delapan bulan, dan dibebaskan pada bulan Juli 2018, karena tuduhan mendorong dan menampar seorang tentara bersenjata lengkap – setelah tentara Israel menembak dan melukai sepupunya yang bernama Muhammad Fadel Tamimi (15).

Baca Juga: Lagi-lagi Muhammad Tamimi Ditangkap Penjajah Israel

Istri dari Bilal Tamimi, Manal, beserta ke tiga putranya: Osama (22), Muhammad (19), dan Samer (11), juga pernah ditahan oleh Israel di sejumlah titik.

Osama, putra tertua, dibebaskan pada bulan September 2008 setelah menghabiskan sembilan bulan di dalam penjara Israel.

Adik termudanya, Muhammad, ditahan pada Januari 2018 dan diperkirakan bebas bulan September tahun ini.

“Setiap orang haruslah berdiri di depan tentara Israel untuk melakukan dokumentasi, untuk mengumpulkan bukti, demi menunjukkan pada dunia tentang apa yang sebenarnya terjadi,” lanjut Bilal.

Bilal pernah melakukan dokumentasi dalam sebuah penggerebekan malam Israel di Nabi Saleh. Ketika itu, seorang tentara bertanya apakah dirinya menyembunyikan senjata, dan Bilal menjawab bahwa kamera adalah senjatanya. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Electronic Intifada

About admin

Check Also

Tolak Deal Of Century - palestine update

Heboh Gelombang Kampanye Media Tolak Rencana Trump untuk Palestina

Palestineupdate.com – Rencana perdamaian Timur Tengah – khususnya untuk Palestina – yang dibuat oleh Amerika Serikat, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *