WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Dua Warga Gaza Meninggal Setelah Hirup Gas di Dalam Terowongan

Dua Warga Gaza Meninggal Setelah Hirup Gas di Dalam Terowongan

Palestineupdate.com – Dua warga Palestina terbunuh dalam semalam di sebuah terowongan antara Jalur Gaza dan Mesir, dilaporkan pada Senin (11/2) oleh Kementerian Dalam Negeri yang dikelola Hamas.

Menurut juru bicara Iyad Al-Bozum, salah satu korban merupakan petugas kepolisian Hamas dan yang lainnya merupakan penduduk. Bozum mengatakan bahwa Abdelhamid Al-Akar (39) dan Sabhy Abu Qarushayn (28), meninggal dunia akibat menghirup gas beracun. Para saksi mata mengatakan bahwa Mesir memompa gas ke dalam terowongan.

Dua warga Palestina yang terbunuh itu sedang dalam misi menyelamatkan tiga pekerja yang meminta bantuan, setelah gas beracun dipompa ke dalam terowongan, menurut juru bicara tersebut.

Pegawai pertahanan sipil, yang disiagakan pada hari Minggu, menyelamatkan kedua jenazah dari dalam terowogan setelah upaya keras yang berlangsung beberapa jam, ungkap Bozum dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Pemerintah Mesir Kembali Tutup Perbatasan Utama bagi Warga Gaza

Mereka juga menyelamatka dua petugas keamanan lain yang bergabung dalam misi dan mengevakuasi mereka ke rumah sakit, di mana mereka juga mengalami sesak napas akibat menghirup gas.

Sebelumnya Gas Digunakan pada Terowongan

Bozum tidak menyebutkan terkait asal-usul zat, namun sebuah sumber keamanan Palestina mengataka  bahwa militer Mesir telah menggunakan gas untuk menghentikan penggunaan terowongan-terowongan ilegal di sepanjang perbatasan.

Tentara Mesir tidak bisa ditanyai terkait hal tersebut, tapi pada tahun 2010 Kairo menyangkal tuduhan serupa, setelah kematian 4 warga Palestina di dalam terowongan perbatasan.

Sejak Israel memblokade Jalur Gaza tidak lama setelah Kelompok Hamas memimpin di tahun 2007, Warga Palestina telah menggali ratusan terowongan untuk menentang pemblokadean dan memasukkan barang-barang dari Mesir, seperi makanan, pakaian, dan lain-lain. (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Aljazeera

About admin

Check Also

Pameran Gaza - Palestine Update

Pameran Buku 2019 Diselenggarakan di Wilayah Pemblokadean Gaza

Palestineupdate.com – Semangat mencari ilmu warga Palestina di wilayah pemblokadean Jalur Gaza tidaklah surut. Terbukti dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *