WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Fakta Menarik Seputar Hari Kemerdekaan Palestina

Fakta Menarik Seputar Hari Kemerdekaan Palestina

Palestina ternyata sudah memproklamasikan kemerdekannya pada tahun 1988 silam, oleh seorang tokoh terkemuka yakni Yasser Arafat.

palestineupdate.com – Palestina punya tanggal kemerdekaan?! Betul, kemerdekaan ini bahkan sudah dideklarasikan pada 15 November 1988 silam. Tapi, bukankah Israel masih ada di sana? Kalau begitu, penjelasan selengkapnya akan dibahas dalam kabar Palestina hari ini. Check it out!

 

Berita Palestina: Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat

 

Sejak 32 tahun lalu, tokoh terkemuka Yasser Arafat sudah mendeklarasikan kemerdekaan negeri anbia. Dalam sidang penutupan Dewan Nasional Palestina ke-19, pernyataan yang ditulis oleh penyair Palestina – Mahmoud Darwish – itu kemudian dibacakan oleh Arafat.

Sebelumnya, deklarasi ini telah disetujui oleh Dewan Nasional Palestina, badan legislatif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO); dengan 253 suara mendukung. 46 suara menentang, dan 10 suara abstain. Pembacaan deklarasi kemerdekaan Palestina pun mendapatkan “tepuk tangan berdiri” dari para hadirin sidang.

Setelah itu, Yasser Arafat selaku Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) menerima gelar sebagai presiden Palestina. Akhirnya, tepat pada bulan April 1989, Dewan Pusat PLO memilih Arafat sebagai Presiden Negara Palestina yang pertama.

berita palestina - yasser arafat tokoh palestina - www.palestineupdate.com (2)
Keterangan foto: Yasser Arafat, salah satu tokoh terkemuka Palestina yang wafat pada tahun 2004 silam. (Sumber. Tirto.id)

 

Setelah Tiga Dekade Berlalu

Bagi rakyat Palestina deklarasi hari itu sangatlah penting. Hingga saat ini, rakyat pun tak melewatkan peringatan di tanggal 15 November tersebut. Seorang perwakilan dari kedutaan besar Palestina di Jakarta pernah mengungkapkan,

“Kami memperingati hal ini untuk menyampaikan kata-kata almarhum yang senantiasa diucapkan, bahwa janji adalah janji dan sumpah adalah sumpah, mereka melihat hal tersebut masih jauh. Namun, kami melihat hal itu sudah dekat dan kami memercayai hal tersebut.” (14/11/2018)

Dirinya juga menekankan bahwa rakyat Palestina akan terus berusaha dengan perjuangan dan pengorbanan penuh, demi mewujudkan serta menetapkan keberadaan mereka di tanah bersejarah Palestina.

 

Berita Palestina: Ribuan Warga Palestina Peringati 13 Tahun Kematian Yasser Arafat

 

“Kami akan terus berjuang agar dapat mengibarkan bendera Palestina di menara-menara masjid dan gereja-gereja di Yerusalem (Al-Quds).”

MasyaAllah, walau sudah puluhan tahun berlalu, semangat deklarasi yang disampaikan oleh Yasser Arafat masih dirasakan begitu kuat oleh warga Palestina sendiri. Mudah-mudahan kemerdekaan itu semakin dekat, dan insyaAllah memang sudah semakin dekat. Allaahu Akbar! (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Mina News, Wikipedia

About admin

Check Also

UU Senjata Israel - 01 - www.palestineupdate.com

Undang-Undang Persenjataan Israel Hantui Palestina

Fakta seputar UU Senjata Israel yang mengancam keamanan penduduk Palestina. palestineupdate.com – UU Kepemilikan Senjata bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *