WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Hamas: ‘Deal of the Century’ adalah Ancaman Paling Berbahaya

Hamas: ‘Deal of the Century’ adalah Ancaman Paling Berbahaya

Palestineupdate.com – Ketua Deputi Hamas Saleh Al-Aruri menyatakan bahwa ancaman paling berbahaya yang dihadapi warga Palestina adalah ‘Deal of the Century’, dan pemerintah Amerika Serikat (AS) saat ini sedang berupaya memaksakannya dengan dukungan Arab.

Dilansir dari laman Hamas.ps/en, dalam sebuah pidato di perayaan pemillihan yang diselenggarakan di Universitas Birzeit, Al-Aruri mengatakan bahwa Hamas merupakan ‘penghalang sebenarnya’ untuk ‘Deal of the Century’.

Dirinya menambahkan, “Ini adalah kali pertama bagi perkara warga Palestina, mengalami hal berbahaya semacam ini, yang terjadi di tengah-tengah gangguan AS dan bungkamnya Arab.”

“Kami katakan pada Trump dan Netanyahu bahwa hak rakyat Palestina tidaklah dapat dicabut,” jelasnya.

Mengenai Yerusalem (Al-Quds), pejabat senior Hamas mengatakan bahwa Yerusalem tengah menghadapi skema (rancangan) Israel untuk melakukan Yahudisasi dan memaksakan sebuah kenyataan baru di kota suci.

Dirinya menjelaskan bahwa dukungan Arab dan Palestina sangatlah dibutuhkan, untuk melindungi kota tersebut.

Baca Juga: Hamas Seru Zionis untuk Hentikan Pemblokadean di Gaza

Al-Aruri juga menyoroti bahwa para tahanan Palestina di dalam penjara-penjara Israel, tengah berjuang untuk mendapatkan hak kemanusiaan mereka, menekankan bahwa isu-isu mereka adalah prioritas utama dalam setiap perbincangan Hamas dengan delegasi-delegasi Mesir.

Berkaitan dengan pemahaman gencatan senjata baru-baru ini dengan pendudukan Israel, pihak resmi Hamas mengatakan; perjanjian dengan pendudukan Israel bukanlah sebuah perdamaian, melainkan sebuah pemulihan sejumlah hak kemanusiaan rakyat Palestina.

Pihak Hamas menekankan, pasukan keamanan yang berafiliasi dengan Otoritas Palestina mengejar Blok Islam, yang merupakan blok mahasiswa Hamas, dalam upaya menekan suara bebasnya.

Sekilas tentang ‘Deal of the Century

Deal of the Century’ merupakan rencana baru Amerika Serikat (AS) untuk ‘perdamaian’ wilayah Arab – Israel. Menurut laman Palestine Chronicle, detail rencana ini belumlah dipublikasi, tetapi berdasarkan sejumlah bocoran, warga Palestina kelak harus melepaskan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara mereka di masa depan.

Selain itu, Israel akan menarik diri dari sejumlah desa di Yerusalem Timur dan Barat, namun akan memiliki kuasa penuh atas Kota Tua. Negara Palestina yang diusulkan akan didemiliterisasi (dibebaskan dari kekuasaan atau pendudukan militer), tetapi pemukiman ilegal Yahudi yang dibangun di atas tanah warga Palestina akan tetap berada di sana, dengan Israel yang menguasai penuh Lembah Yordan.

Warga Palestina juga harus melepaskan “Hak Kembali” mereka, yang diabadikan dalam hukum internasional. Apa yang disebut dengan ‘Deal of the Century’ akan sepenuhnya menghancurkan setiap bentuk perjuangan warga Palestina, dan menyangkal hak-hak historis warga Palestina. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat - Palestine Update

Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat

Sosok Yasser Arafat, salah satu tokoh di Palestina, begitu fenomenal hingga hari ini. Terlepas dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *