WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Hari Perempuan Internasional: Kesenjangan Pria dan Wanita Palestina Masih Tinggi 

Hari Perempuan Internasional: Kesenjangan Pria dan Wanita Palestina Masih Tinggi 

Palestineupdate.com – Memperingati Hari Perempuan Internasional, Biro Statistik Pusat Palestina (Palestinian Central Bureau of Statistics (PCBS)) melaporkan data terkait kesenjangan angka keterlibatan angkatan kerja dan upah harian antara wanita dan pria di Palestina, yang masihlah tinggi.

Dilansir dari English.wafa.ps, terlepas dari meningkatnya keterlibatan wanita dalam angkatan kerja di tahun-tahun sebelumnya, tetap saja masih sangat rendah dibandingkan pria, di mana keterlibatan wanita hanya mencapai angka 21% dari jumlah wanita di usia kerja pada tahun 2018, dibandingkan dengan 10%  di tahun 2001, sementara angka keterlibatan pria mencapai 72% di tahun 2018.

Terdapat juga kesenjangan dalam upah harian antara wanita dan pria (rata-rata upah harian untuk wanita adalah sebesar 92 shekel Israel dibanding pria yang mencapai 129 shekel. (1 shekel = 3.944,76 rupiah)

Angka pengangguran di antara para wanita yang terlibat dalam angkatan kerja adalah 51%, dibandingkan pria yang hanya mencapai 25%. Angka pengangguran di antara wanita-wanita dengan usia sekolah 13 tahun ke atas mencapai 54%, ungkap PCBS.

Baca Juga: Sebuah Pabrik Kentang di Gaza Dijalankan oleh Para Wanita

Data Survei Angkatan Kerja 2018 menunjukkan bahwa persentase wanita sebagai kepala rumah tangga di Palestina mencapai 11% (12% di Tepi Barat dan 9% di Jalur Gaza).

Persentase kemiskinan di antara wanita-wanita yang menjadi kepala keluarga di Gaza mencapai angka 54%, sementara di Tepi Barat hanya 19%. Ini berdasarkan hasil utama dari standar hidup di Palestina (pengeluaran, konsumsi, dan kemiskinan), 2017.

Keterlibatan wanita di kehidupan publik tetap lebih rendah dibandingkan pria, di mana persentase 82% dimiliki pria sebagai hakim, sedangkan 18% milik wanita. Untuk profesi sebagai pengacara, persentase pria mencapai 73% dan wanita 27%. Profesi sebagai jaksa, wanita mencapai 20% dan sisanya, 80%, merupakan persentase untuk pria.

Sementara itu, populasi di Palestina diperkirakan mencapai 4,98 juta di pertengahan 2019, meliputi 2,53 juta pria (51%) dan 2,45 juta wanita (49%). (kimikim/Palestineupdate.com)

About admin

Check Also

berita palestina - sirkus terkenal di palestina - www.palestineupdate.com (1) - www.palestineupdate.com

Nilai-Nilai Sirkus Kontemporer bagi Warga Palestina

Sirkus terutama sirkus kontemporer yang kemudian berkembang di Palestina, menunjukkan  kurang lebih gambaran kehidupan warga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *