India Pikirkan Cara untuk Bantu Kebebasan Palestina - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / India Pikirkan Cara untuk Bantu Kebebasan Palestina

India Pikirkan Cara untuk Bantu Kebebasan Palestina

Palestineupdate.com – Belum lama ini, Duta Besar Palestina untuk India Adnan Abu Al-Haijaa mengatakan, “Darah warga Palestina begitu murah ketika itu berkaitan dengan martabat dan kedaulatan tanah kami,” dilansir dari laman Anadolu Agency.

Al-Haijaa membuat pernyataan tegas dalam lokakarya dua hari yang diadakan di bawah spanduk “Memajukan Perjuangan untuk Palestina yang Bebas”, pada hari Minggu di Pusat Budaya Islam India – New Delhi.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Yayasan IndoPal, yang berkolaborasi dengan Forum Persahabatan India-Palestina serta Forum Internasional Palestina untuk Media dan Komunikasi. Al-Haijaa mendiskusikan sejumlah aspek tentang perjuangan warga Palestina dan hubungan diplomatik Palestina dengan India.

Sehubungan dengan “Deal of the Century” dari pemerintahan Amerika Serikat (AS), duta besar tersebut mengatakan bahwa ketentuan rencana perdamaian yang diusulkan belum diumumkan ke publik.

“Tetapi satu hal yang jelas,” ia menambahkan. “‘Deal of the Century’ tidak akan menjadi jalan menuju perdamaian di Palestina, yang Trump dan Zionis Amerika yang radikal tidak bisa putuskan secara sepihak.”

Emad Burnat, seorang pembuat film asal Palestina yang dinominasikan dalam penghargaan Oscar untuk filmnya “Lima Kamera Rusak”, juga hadir dalam acara tersebut.

“Saya mengalami realitas Tepi Barat setiap harinya,” ucap Burnat. “Permasalahan Palestina bukanlah sebuah ‘konflik’ karena ini bukan antara dua partai yang sederajat. Ini adalah pendudukan di mana para penjajah mengeksploitasi tanah yang diduduki.”

Ketua Yayasan IndoPal Ajit Sahi, untuk bagiannya, mengatakan: “Palestina adalah tempat yang paling bebas di bumi. Meskipun mereka (warga Palestina) telah hidup dalam “tahanan” selama beberapa dekade, pikiran dan jiwa mereka tetaplah bebas.”

Baca Juga: Dukung Palestina, PM Malaysia dan Atlet Kuwait Perangi Zionis Israel

Sahi melanjutkan untuk menunjukkan bahwa ada “banyak orang” baik di Amerika Serikat (AS) maupun Israel, yang mendukung permasalahan di Palestina.

“Kita harus berbicara pada mereka dan melibatkan mereka dalam aktivitas kita,” ucapnya. “Kita tidak boleh membenci mereka.”

Pembicara lain yakni Omair Anas, asisten profesor hubungan internasional di Universitas Yildirim Beyazit, Ankara, mengatakan: “India dan Palestina memiliki hal untuk membela kebebasan, seperti perjuangan India, seperti perlawanan India terhadap peraturan Inggris yang sangat mirip.”

“Ini adalah perlawanan terhadap penjajah,” ungkap Anas. “Jika seseorang menyebut Gandhi atau Bhagat Singh – atau pejuang kebebasan lainnya – seorang ‘teroris’, kita tidaklah bisa menerimanya.”

Dirinya menambahkan: “Melawan penjajah merupakan hak warga Palestina; menyebut mereka sebagai teroris sangatlah terkutuk.”

Pembicara-pembicara lain dalam acara tersebut adalah Muhammad Makram, presiden Forum Timur Tengah Asia, dan  mantan duta besar India untuk Palestina, Profesor Zikrur Rahman. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Irlandia Dukung Palestina - Palestine Update

Irlandia Adakan Pertemuan Internasional untuk Bahas Isu Kepalestinaan

Palestineupdate.com – Kementerian Luar Negeri Irlandia mengadakan sebuah pertemuan di ibu kota Irlandia, Dublin, guna membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks