WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Jalan Baru Akan Dibuat, Kehidupan Pribumi Palestina Terancam

Jalan Baru Akan Dibuat, Kehidupan Pribumi Palestina Terancam

Israel yang akan bangun jalan baru untuk pemukim ilegal di Beit Ummar, Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat, akan membunuh kehidupan warga Palestina di sana.

Palestineupdate.com – Di satu wilayah bernama Beit Ummar yang terletak di kota Al-Khalil (Hebron) – Tepi Barat, warga digelisahkan dengan tindakan baru Israel yang membangun jalan baru untuk akses pemukim ilegal. Pasalnya, adanya jalanan tersebut akan membunuh akses kehidupan pribumi. Bagaimana kelanjutan cerita pilu tersebut? Simak kabar Palestina hari ini, ya!

Awal bulan ini, Fathi Ismaiin (63), menerima panggilan telepon yang ia harap tidak pernah diterimanya seumur hidup. Tentara Israel telah tiba di desanya (Beit Ummar) bersama buldoser, dan mengepung tanah pertanian di daerah tersebut. Ia diberi tahu bahwa tanahnya diambil.

Berita Palestina: Tembok Rasial Saksi Bisu Pencaplokan Tanah Palestina oleh Zionis Israel

“Saya (dan) warga desa lainnya bergegas menuju area untuk melihat apa yang sedang terjadi dan melihat apabila kami dapat menghentikannya,” ungkap pria asal Al-Khalil (Hebron) tersebut.

Ketika dirinya tiba di tempat, Fathi diberi tahu bahwa tanahnya – bersama tanah sejumlah keluarga lain di desa – disita demi membangun akses jalan yang baru untuk para pemukim ilegal Israel di wilayah tersebut.

“Mereka membatasi area menjadi dua bagian. Satu yang akan tetap mampu mengakses (jalan) dan satu lainnya yang tidak bisa mengakses lagi.”

berita palestina - lahan di desa Beit Ummar, Tepi Barat (2) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan Foto: Pemukim ilegal Israel telah memulai pendirian pagar di area, untuk mencegah petani lokal masuk. (Sumber. Middle East Eye)

Dari tiga dunam (0,3 hektar) yang Fathi miliki di area tersebut, dirinya diberi tahu bahwa kini ia hanya memiliki akses separuhnya, sementara separuh lainnya digunakan untuk jalan.

“Seluruh tanah saya, lingkungan keluarga saya, di mana saya curahkan keringat dan darah – akan menghilang,” ucapnya sendu. “Dan untuk apa? Jalan baru untuk para pemukim?”

Dengan adanya pernyataan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beberapa waktu lalu bahwa organisasi tidak lagi menganggap pemukiman Israel di wilayah Palestina sebagai pelanggaran internasional, banyak orang seperti Fathi takut bahwa sikap tersebut akan mendorong Israel merampas tanah-tanah Palestina.

berita palestina - pangkalan militer israel di beit ummar (3) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan Foto: Menara pengawas militer Israel di pintu masuk desa Beit Ummar, Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat. (Sumber. Middle East Eye)

“Jalan Ini Akan Membunuh Tanah Kami”

Desa Beit Ummar, bagian utara kota Al-Khalil (Hebron), adalah rumah bagi 18 ribu warga Palestina. Dikelilingi di seluruh sisi oleh pemukiman ilegal Israel, jalan raya, dan pangkalan militer permanen, desa sudah tidak asing lagi dengan pendudukan (penjajahan).

“Beit Ummar setiap hari diserang dengan adanya penjajahan Israel,” ungkap Khalda Abu Ayyash (50), seorang insinyur.

“Kami berada di antara tiga pemukiman besar – Gush Etzion, Efrat, dan Beit Ein – yang membuat hal tersebut menjadikannya sebagai lokasi geografi strategis  untuk Israel,” lanjutnya. “Tidak ada satu bagian kecil pun dari Beit Ummar yang tidak tersentuh atau terdampak dari penjajahan.”

Berita Palestina: Sejumlah Aktivis Protes atas Dibukanya “Jalan Apartheid” di Yerusalem

Abu Ayyash memperkirakan bahwa sekitar 46 dunam (4,6 hektar) dari tanah Beit Ummar akan dihancurkan sepenuhnya untuk pembangunan jalan, sementara 707 dunam (70,7 hektar) akan diubah menjadi  area terbatas.

Dirinya menambahkan, di antara Beit Ummar dan kota tetangga Halhul, sekitar 1.273 dunam (127,3 hektar) akan dirampas oleh Israel.

“Jalan ini membunuh lahan (kami),” ungkapnya. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Middle East Eye

About admin

Check Also

berita palestina - warga tepi barat tinggal di gua (1) - www.palestineupdate.com - Palestine Update

Terlantar Antarkan Mereka pada Gua-gua di Tepi Barat

Tidak cukup dengan menghancurkan rumah warga Palestina di Area C, Tepi Barat, penjajah secara tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *