WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Al-Aqsha / Karya Film Anak Bangsa Palestina yang Mendunia

Karya Film Anak Bangsa Palestina yang Mendunia

Meski berjuang hidup di tengah penjajahan, bangsa Palestina tetap mampu melahirkan karya film berkualitas.

palestineupdate.com – Keistimewaan Palestina bukan hanya sekedar tanah para Nabi, di sana juga banyak lahir karya-karya hebat dari bangsa yang dijajah. Seperti lahirnya film-film berkualitas karya anak bangsa Palestina.

Di Palestina muncul film yang layak menjadi tontonan yang diacungkan jempol. Terutama dari sisi cerita, pengadeganan serta goal yang dicapai.

Sebut saja film “Omar”. Film yang menceritakan tentang pemuda Palestina bernama Omar. Ia hidup di tepian Jalur Gaza Tepi Barat. Sepanjang hidup Omar merasa kehidupan begitu kurang adil kepadanya, dan juga seringnya mengalami rasa dipermalukan oleh para penguasa Israel.

Berita Palestina melalui majalah, koran maupun siaran televisi tidak henti meliput tentang film Omar tersebut. Hany Abu Assad cukup berhasil dalam menghidupkan film Omar lewat penyutradaraannya. Detail-detail perasaan Omar ketika dipenjara sangat terasa kegetirannya. Sehingga wajar ketika akhirnya film Omar berhasil menyabet predikat Best Director dan Best Film.

Kedua penghargaan tersebut diperoleh pada kategori Arabic Feature pada Dubai International Film Festival (DIFF) tahun 2013. Lewat tangan sutradara Hany Abu Assad, bahkan film ini mampu menembus Festival Film Canes, serta Festival Film Internasional Toronto yang berhak atas nominasi Oscar dan menjadi Film Pembuka dalam penyelenggaraan DIFF.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Pergi ke Palestina?

 

Omar – Valley of the Wolves, sangat sesuai dengan makna judul filmnya: Bukit para Serigala. Di mana Omar merupakan gambaran sosok muslim yang benar-benar memiliki dan teguh berprinsip sesuai syariah Islam, sekalipun akibat dari keteguhannya itu sering dipermalukan oleh para tentara Israel di wilayah tepian Barat Jalur Gaza. Ada kala ditampakkan dialog-dialog batin Omar kepada Allah Swt ketika di dalam penjara yang berpendar dalam hatinya amat menyentuh perhatian penonton.

Pada akhirnya film Omar dari Berita Palestina telah dikabarkan maju di nominasi Academy Awards di tahun 2014 karena unggul dalam beberapa penilaian menurut para insan perfilman dunia. Film “Omar” pun menjadi perwakilan negara Palestina yang selalu ditimpa dengan segala bentuk penindasan rezim Israel, dengan menunjukkan jati diri bangsa Palestina melalui film berdurasi cukup lama ini.

Keindahan visualnya serta keapikan alur cerita mampu membawa penghargaan the Best Foreign Film pada tahun 2014 tersebut di Academy Awards. Film besutan sutradara Hany Abu Assad ini pun bertahan menjadi tontonan apik hingga akhir tahun 2020.

About admin

Check Also

Dua Sisi Gaza: Warna Lain dari Tanah Pemblokadean

Ada banyak warna di Jalur Gaza. Selain abu-abu dan hitam, Gaza juga memiliki warna cantik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *