Katanya, Hari Ini Hari Perdamaian Internasional - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / Katanya, Hari Ini Hari Perdamaian Internasional

Katanya, Hari Ini Hari Perdamaian Internasional

Katanya, Hari Ini Hari Perdamaian Internasional

Sumber foto. Google (ilustrasi)

Palestineupdate.com –  Jumat berkah ini, tepat pada 21 September 2018, merupakan peringatan Hari Perdamaian Internasional (International Day of Peace). Adanya peringatan ini didedikasikan untuk perdamaian, juga secara khusus, demi berakhirnya perang dan kekerasan.

Akan tetapi, ironisnya tujuan mulia itu belum terjadi di sejumlah negara, termasuk Palestina. Hingga hari ini, sudah lebih dari ribuan orang terluka dan meninggal dunia akibat pendudukan Israel di sana.

Belum lama ini, bahkan muncul kabar bahwa seorang remaja putra di Gaza meninggal setelah ditembak mati oleh tentara Israel, di wilayah perbatasan Gaza. Dilansir dari Aljazeera.com,  remaja bernama Mo’men Abu Ayadeh (15) itu ditembak ketika berada di aksi damai, Great Return March.

Mo’men ditembak oleh penembak jitu (sniper) Israel pada Rabu malam (19/9) di dekat pagar perbatasan bagian timur Rafah, ungkap juru bicara Kementerian Kesehatan, Ashraf Al-Qidra.

Seorang juru bicara wanita militer Israel mengklaim, para tentara telah diserang di pagar perbatasan, dengan batu dan bomi api yang dilemparkan kepada mereka.

Katanya, Hari Ini Hari Perdamaian Internasional

Keterangan foto: Mo’men Abu Ayadeh. (Sumber. Press TV)

“Peluru jenis Live Rounds ditembakkan sesuai dengan aturan penembakkan,” ucap juru bicara tersebut.

Dilaporkan bahwa tidak ada korban dari pihak Israel.

Menurut keluarga dari Mo’men, remaja itu sedang mengikuti aksi protes demi menuntut pencabutan blokade 12 tahun dan hak kembali para pengungsi Palestina sebagai bagian dari Aksi Kepulangan Akbar, yang dimulai pada 30 Maret 2018.

Ibrahim Abu Ayadeh, ayah dari Mo’men, mengatakan bahwa putranya menghadiri aksi protes secara rutin.

“Mo’men benar-benar peduli terhadap Aksi Kepulangan Akbar,” ucap pria berusia 46 tahun tersebut. “Ia sangat terpengaruh oleh ketidakadilan kehidupan sehari-hari di Jalur Gaza, dari blokade yang masih berlangsung dan situasi hidup yang sulit.”

Remaja tersebut, bersama teman-temannya, merupakan anggota dari unit pemuda yang baru dibentuk dari protes populer yang disebut Irbak Al-Leili, atau “gangguan pada malam hari”. Para anggota melakukan protes di dekat pagar perbatasan dari awal sore hingga tengah malam dan bergabung dalam sejumlah taktik tak bersenjata, seperti mengarahkan cahaya laser ke arah para penembak jitu (sniper) Israel yang ditempatkan di belakang pagar.

Baca juga: Tingginya Angka Kematian Anak, Disebabkan oleh Krisis Kemanusiaan

Taktik lain termasuk memutar lagu nasional melalui pengeras suara, juga mengirim pesan suara untuk para pemukim di sekitar wilayah kantong pantai Gaza, dengan pesan bahwa mereka tinggal di wilayah Palestina yang dicuri.

Ayahnya mengatakan bahwa Mo’men ditembak tepat di kepalanya oleh penembak jitu pada sekitar pukul 11.30 malam (20.00 GMT).

“Putra saya melakukan aksi protes secara damai dalam gerakan terkenal yang juga bersifat damai,” jelasnya, menambahkan bahwa pendudukan Israel telah menjadikan normal penargetan wanita, anak-anak dan orang lanjut usia.

“Kami memiliki hak sebagai warga Palestina untuk memprotes pemblokadean dengan cara apa pun,” ia melanjutkan.

“Apabila blokade dicabut, kemudian tidak akan ada lagi protes. Akan tetapi, kami menginginkan hak kami, dan protes tidak akan berhenti dengan membunuh putra saya.”

Sedikitnya 173 warga Palestina dibunuh oleh tentara Israel, sejak dimulainya aksi protes pada 5 bulan lalu, dengan 18 ribu orang lainnya yang terluka. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Israel Hancurkan 2 Rumah Warga Palestina di Hebron -Palestine Update

Israel Hancurkan 2 Rumah Warga Palestina di Hebron

Palestineupdate - Dilansir dari Quds Press, Pasukan pendudukan Israel pada Rabu (10/10), menghancurkan 2 rumah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks