WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Kenalan Yuk Dengan Sosok Penjaga Al Aqsa!

Kenalan Yuk Dengan Sosok Penjaga Al Aqsa!

Para penjaga Al Aqsa atau dikenal sebagai Murabitun dan Murabithah menjadi sosok sentral dalam menjaga masjid suci ketiga bagi umat Islam.

palestineupdate.comMasjid Al Aqsa, sebagai masjid suci ketiga umat Islam memiliki pejaga yang selalu siap siaga dalam melindungi masjid dari berbagai upaya penjajah untuk mengganggunya. Lantas siapa sosok penjaga masjid yang diberkahi ini? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan Palestine Update, portal berita Palestina terkini.

Siapa Penjaga Masjid Al Aqsa?

PU-1-Kenalan Yuk Dengan Sosok Penjaga Al Aqsa-www.palestineupdate.com(2) www.palestineupdate.com
(Zeina Amro(50 tahun) salah satu murabithah/dok. Al Jazeera)

Penjaga masjid Al Aqsa atau yang sering disebut dengan murabitun (sebutan untuk penjaga laki-laki) dan murabithah (sebutan untuk penjaga wanita), merupakan warga pribumi Palestina yang mendedikasikan hidup untuk menjaga masjid Al Aqsa.

Para wanita penjaga ini terbiasa berkumpul di kompleks Masjid Al Aqsa, berlindung dari hujan lebat, hingga berteduh di tengah teriknya kota Yerusalem. Para penjaga terbiasa berkumpul di kursi plastik atau menggelar karpet. Keseharian mereka diisi dengan membaca buku, berbincang bersama, memakmurkan masjid dengan mengaji serta mengajar anak-anak Palestina, dan tugas utama mereka; menjaga Al Aqsa dari penjajah.

Ketika sekelompok orang Yahudi Israel melewati masjid suci, para murabithah akan bertakbir, untuk mengingatkan para pengunjung Yahudi Israel, bahwa meskipun masih berada dalam penjajahan, Masjid Al Aqsa tetap milik umat Islam.

“Kami mengucapkan Allahu Akbar, setiap kali sesuatu yang buruk terjadi pada kami. Seperti saat kami diancam oleh penjajah Israel atau disakiti oleh tentaranya” ujar Latifa Abdullatif (24 tahun) seperti dilansir Middle East Eye.

“Tempat ini milik kita, dan kita tak akan pergi kemana pun” lanjut Abdullatif

 

Ancaman Penjajah Tak Gentarkan Para Penjaga Al Aqsa

PU-1-Kenalan Yuk Dengan Sosok Penjaga Al Aqsa-www.palestineupdate.com(3) www.palestineupdate.com
(Saat para murabithah harus berhadapan dengan polisi penjajah Israel/dok. Middle East Eye)

Masjid Al Aqsa dan kehidupan para penajga tak dapat dipisahkan, Al Aqsa telah menjelma menjadi bagian yang lekat dalam keseharian mereka. Namun, menjaga Al Aqsa bukan sekadar menjaga masjid biasa. Masjid suci ketiga umat Islam ini masih berada di bawah penjajahan Israel. Sehingga kekerasan, intimidasi, hingga pelarangan memasuki masjid selalu para penjaga temui.

Abdullatif mengakui jika dirinya pernah ditangkap ketika berada di dalam kompleks Masjid Al Aqsa dan disakiti oleh pasukan keamanan, bahkan sempat ditahan selama dua jam.

Dalam kesempatan yang sama, Ayda Sidawil (53 tahun) juga menunjukan foto jilbab dan gamis yang dikenakannya robek selama bersitegang dengan tentara penjajah Israel. Kondisi ini menjadi rahasia umum yang sering dialami para penjaga Al Aqsa. Namun, pihak penjajah Israel selalu menyangkal.

“Saya tidak peduli jika rumah saya hancur, atau jika mereka mengambil uang saya. Masjid Al Aqsa adalah garis merah. Jika mereka mengambil Al Aqsa, sisa Yerusalem juga tidak akan baik-baik saja” ujar Ayda Sidawil (53 tahun) kepada Middle East Eye.

Kendati mengalami banyak kekerasan dan perlakuan yang tidak nyaman, para murabithah penjaga Al Aqsa percaya, bahwa mereka memiliki peran yang sangat penting. Dibandingkan dengan laki-laki yang lebih rawan ditangkap, para penjaga perempuan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk ditangkap dan mendapatkan tindakan kekerasan. Walau kondisi di lapangan menunjukan kekerasan tentara penjajah Israel tak pandang bulu kepada siapapun.

“Kami tahu, bahwa kami menempatkan diri kami dalam risiko yang besar. Tapi kami tidak punya cara lain. Tak ada seorang pun dari kami yang ingin ditangkap, tidak ada di antara kami yang ingin dipukuli. Tapi itu satu-satunya cara untuk menjaga Al Aqsa” tutup Abdullatif dalam keterangannya. (itari/palestineupdate)

(Sumber: Middle East Eye, Al Jazeera)

About admin

Check Also

PU - Boikot Israel www.palestineupdate.com

Misi Kemanusian Dalam Gerakan Boikot Israel

Fakta menarik seputar gerakan pemboikotan Israel. palestineupdate.com – Pemboikotan Israel merupakan salah satu gerakan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *