WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Ketika Limbah Gerogoti Kampung Al-Matwa secara Perlahan

Ketika Limbah Gerogoti Kampung Al-Matwa secara Perlahan

Air limbah beracun telah lama masuk ke kampung  Al-Matwa di Tepi Barat dan menggerogoti wilayah tersebut secara perlahan-lahan.

Palestineupdate.com – Duduk di luar rumah milik Ahmed Abdulrahman di kampung Al-Matwa. Kelembapan di musim panas membuat bau kotoran manusia jauh lebih menyengat dan sulit untuk ditangani. Itulah salah satu kondisi Palestina hari ini.

“Nyamuk tidak membiarkan kami beristirahat (tidur). Kami ketakutan akan penyakit, terutama pada anak-anak,” ungkap pria berusia 62 tahun tersebut, wajahnya terlihat kuyu dan lelah. Selama tiga tahun terakhir, istri Ahmed dan warga lainnya telah didiagnosis penyakit kanker.

Ketika Limbah Gerogoti Kampung Al-Matwa secara Perlahan-Palestine Update

Keterangan foto: Peta lokasi lembah Al-Matwa, Salfit, Ramallah, Tepi Barat, Palestina.

Pemukiman ilegal Israel dan pabrik-pabrik industri menjulang di atas lembah di atas bukit. Aliran air limbah mengalir terus-menerus ke bawah.

Lembah Matwa dan Al-Atrash – yang terletak di distrik Salfit, Tepi Barat, di antara kota Nablus dan Ramallah – “mengumpulkan” air limbah yang tidak dikelola secara baik dari penduduk Palestina maupun pemukim Israel di sekitar pemukiman ilegal Ariel dan Barkan.

Menurut laporan tahun 2009 oleh organisasi kemanusiaan B’Tselem, warga Palestina yang tinggal di lembah-lembah ini terpapar air limbah yang tidak diolah, yang mengandung virus, bakteri, parasit, dan logam beracun yang berbahaya untuk kesehatan manusia serta hewan.

Aliran air limbah itu telah berdampak buruk pada kesehatan serta lingkungan warga Palestina di area tersebut – dan ketika otoritas Israel lari dari tanggung jawab, kenyataan tersebut semakin meresahkan (warga) akan dampak jangka panjang dari bencana lingkungan dan bencana kesehatan yang tengah berlangsung.

 ‘Mereka Mati’

Seluruh kampung Bruqin melintasi lembah Matwa, dan rumah-rumah menghiasi gunung-gunungnya.

Berdiri di atas puncak, Murad Samara, seorang pegawai kota Bruqin sekaligus relawan Medical Relief Society, menunjuk rumah-rumah mereka yang ia ketahui tengah sakit atau telah meninggal, akibat penyakit yang diyakini berkaitan dengan aliran air limbah tersebut.

Ketika Limbah Gerogoti Kampung Al-Matwa secara Perlahan - Palestine Update

Keterangan foto: Murad Samara berdiri di dekat aliran limbah beracun. (Sumber. Middle East Eye)

“Setiap hari kami mendapati orang yang kami tahu menderita suatu penyakit,” ungkap Ammar Barakat (37), yang secara langsung menyaksikan dampak dari polusi terhadap keluarga dan komunitasnya di Bruqin, salah satu kampung paling tercemar di distrik Salfit.

Sementara air limbah yang tidak diolah telah menyebabkan dampak serius terhadap kesehatan umum, bahan kimia beracun dari pabrik-pabrik sekitar menjadi ancaman yang lebih buruk.

Apa Kabar Palestina Hari Ini?

Pada tahun 2017, B’Tselem melaporkan bahwa Israel mengeksploitasi lahan warga Palestina untuk pengolahan berbagai macam limbah yang bukan hanya berasal dari pemukiman ilegal, tapi juga dari dalam area Garis Hijau (garis batas pemisah antara dua komunitas yang bermusuhan).

Dalam laporan tersebut, zona industri pemukiman Ariel dan Barkan dikatakan memiliki dua dari 14 fasilitas penanganan limbah yang dikelola Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Zona industri Ariel dan Barkan mengolah minyak bekas yang berbahaya dan limbah elektronik – limbah dianggap terlalu berbahaya untuk diolah di dalam Israel menurut undang-undang perlindungan lingkungan mereka –  dan karenanya memindahkan limbah ke wilayah Palestina di mana regulasi Israel semacam itu tidak berlaku.

Pipa terbuka di dekat zona-zona industri tersebut terlihat begitu jelas, dengan air limbah yang mengalir ke lembah Matwa dan Atrash.

Melihat ke arah aliran yang telah terkontaminasi limbah beracun, yang melalui rumahnya, Ammar Barakat berucap dengan wajah suram: “Sungguh, kami tinggal di neraka.” (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Middle East Eye

About admin

Check Also

Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat - Palestine Update

Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat

Sosok Yasser Arafat, salah satu tokoh di Palestina, begitu fenomenal hingga hari ini. Terlepas dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *