WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Masjid Istiqlal Indonesia, Kesamaan Sejarah untuk Bangsa Palestina

Masjid Istiqlal Indonesia, Kesamaan Sejarah untuk Bangsa Palestina

Palestineupdate.com –  Mungkin masih banyak yang belum tahu, mengapa pemilihan nama masjid untuk pembangunan ulang Masjid Amiin Al-Ummah Abu Ubaidah bin Jahar di Khan Yunis, menjadi Masjid Istiqlal Indonesia?

Tidak lain dan tidak bukan adalah karena kesamaan sejarah yang diharapkan Indonesia untuk Palestina. Maksudnya? Nama Istiqlal merupakan nama masjid terkenal di Indonesia, tepatnya di Jakarta.

Menurut sejarah, Masjid Istiqlal merupakan hadiah kemerdekaan untuk bangsa Indonesia puluhan tahun silam. Masjid dibangun sebagai ungkapan rasa syukur bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam, atas rahmat Allah Swt yang telah menganugerahkan kemerdekaan, dan terbebasnya negeri dari cengkeraman penjajah. Karena itulah, nama yang dipilih adalah Istiqlal (merdeka/kemerdekaan), yang berasal dari bahasa Arab.

Baca Juga: Proyek Mahakarya Bangsa untuk Gaza: Masjid Istiqlal Indonesia

Kemudian dipilihnya nama masjid di Khan Yunis  dengan nama Istiqlal, merupakan bentuk doa, harapan, dan dukungan bangsa Indonesia, untuk kemerdekaan Palestina. Berharap bahwa sejarah kemerdekaan Indonesia akan terulang dalam bentuk lain, terwujud di tanah perjuangan Palestina yang terbebas dari cengkeraman penjajah Israel.

Inilah harapan besar bangsa Indonesia, juga bangsa Palestina, dan saudara-saudara internasional lainnya. Bukankah nama merupakan doa? Maka, nama terbaik yang dipilih untuk “masjid perjuangan tersebut” adalah  Istiqlal. (kimikim/palestineupdate)

 

About admin

Check Also

berita palestina - penghancuran rumah di tepi barat oleh israel - www.palestineupdate.com (1)

Inilah yang Terjadi jika Kamu Bangun Rumah di Tepi Barat

Beginilah nasib pribumi Palestina di negeri sendiri, harus mendapatkan perlakuan sewenang-wenang penjajah, yang seenaknya menghancurkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *