WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Mengenal Palestina Lebih Jauh lewat 3 Museum di Negeri Anbia

Mengenal Palestina Lebih Jauh lewat 3 Museum di Negeri Anbia

Orang-orang bisa lebih mengenal Palestina melalui museum yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan seni yang begitu kuat terkait negeri.

palestineupdate.com – Palestina memiliki tidak sedikit museum di negerinya. Tempat yang bisa menjadi sarana mengenal sejarah, seni, dan peninggalan zaman dahulu ini, juga dikategorikan sebagai aset berharga. Lantas, apa saja museum yang ada di sana? Beberapanya akan dibahas dalam kabar Palestina hari ini.

 

Berita Palestina: Museum Kepalestinaan Pertama di AS Akan Dibuka

 

Museum Arkeologi Gaza

berita palestina - museum arkeologi di gaza - www.palestineupdate.com (2)
Keterangan foto: Museum arkeologi di Gaza, Palestina. (Sumber. Al-Monitor)

Dalam bahasa Arab, museum disebut Al-Mat’haf, begitu pula dalam bahasa Inggris, yang menjadi The AlMat’haf, Recreational Cultural House. Museum dibuka pada musim gugur tahun 2008 di Gaza.

Di dalam museum termasuk restoran, hotel, dan pusat konferensi – milik swasta, tentu dengan museum yang juga dimiliki swasta, di mana museum menyimpan barang-barang zaman kuno yang ditemukan di Gaza dari berbagai periode sejarah.

Tepatnya, museum menyimpan 350 koleksi artefak, yang berusia sekitar Zaman Perunggu (3500 SM).

 

Museum Palestina

berita palestina - museum palestina di birzeit - www.palestineupdate.com (3)
Keterangan foto: Museum Palestina di Birzeit. (Sumber. Aga Khan Development Network)

Museum merupakan proyek unggulan dari Welfare Association, organisasi nirlaba untuk pengembangan proyek-proyek kemanusiaan di Palestina. Melambangkan sejarah dan aspirasi warga Palestina, adanya museum bertujuan untuk membahas masa lalu, hari ini, dan masa depan Palestina.

Museum yang terletak di Birzeut ini (25 km sebelah utara dari Al-Quds) dibuka pada tanggal 18 Mei 2016, walaupun tidak memiliki pameran apa pun. Kemudian, pameran perdana sendiri dibuka pada tanggal 26 Agustus 2017.

Sementara itu, pada tanggal 29 Agustus 2019, museum ini dinobatkan sebagai pemenang oleh Aga Khan Award (Penghargaan Aga Khan) untuk arsitekturnya.

 

Museum Baituna Al-Talhami

berita palestina - museum di bethlehem - www.palestineupdate.com (4)
Keterangan foto: Museum Baituna Al-Talhami di Bethlehem, Palestina. (Sumber. Trip Advisor)

Museum bisa juga disebut dengan Museum Folklor Bethlehem, yang merupakan salah satu museum terbesar di Palestina. Museum ini terletak di daerah Bethlehem – Tepi Barat.

Awalnya, museum ini didirikan oleh Uni Wanita Arab (Arab’s Women Union (AWU)) di tahun 1948, di bawah Julia Dabdoub, sebagai pusat pengungsi Palestina – yang melarikan diri dari desa mereka untuk sesuap nasi dan berlatih menyulam tradisional untuk mendapatkan penghasilan.

AWU sendiri mendirikan museum di tahun 1979, yang terdiri dari dua rumah khas dengan arsitektur Palestina, dan meliputi dapur yang direnovasi; ruang diwan; kamar tidur; dan lantai atas. Isi dari museum sendiri termasuk koleksi barang-barang rumah tangga tradisional Palestina, yang dipajang di sebuah rumah tua.

 

Berita Palestina: Mural Melanglang Buana ke Amerika untuk Perkenalkan Palestina

 

Pada tahun 1984, museum diperluas mencakup sebuah rumah tua yang berada di sekitarnya, yang telah diperbaiki. Walaupun Baituna Al-Talhami dijalankan sebagai museum, tempat tersebut masih melayani dan mempekerjakan para pengungsi, serta menjadi tuan rumah bagi festival-festival yang merayakan para seniman, penyair, dan penulis Palestina.

Itulah beberapa museum berharga yang berada di negeri anbia. Ternyata, ke tiganya memiliki ciri khas masing-masing dan cukup kental dengan identitas kepalestinaan. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Wikipedia

About admin

Check Also

berita palestina - aneksasi tepi barat di palestina - www.palestineupdate.com (1)

5 Hal yang Wajib Diketahui untuk Paham tentang Aneksasi Israel

Rencana aneksasi (pencaplokan) Tepi Barat oleh Israel sangat mengancam keberadaan Palestina. Palestineupdate.com – Hari ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *