WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Nasional / Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat

Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat

Sosok Yasser Arafat, salah satu tokoh di Palestina, begitu fenomenal hingga hari ini. Terlepas dari popularitasnya, terdapat beberapa fakta menarik yang belum banyak diungkap.

Palestineupdate.com – Siapa yang tidak kenal Yasser Arafat. Sosok yang hingga kini masih begitu dikagumi dan menjadi panutan, terutama di negeri anbia, Palestina. Meskipun dirinya kini sudah tiada, masih terdapat beberapa fakta menarik mengenai dirinya yang belum banyak diketahui orang. Apa saja itu? Simak informasi seputar Palestina mengenai Arafat berikut ini.

Arafat yang lahir pada tahun 1929 dan meninggal di tahun 2004 ini, merupakan sosok pemimpin yang ternyata pernah menjadi salah satu penerima penghargaan bergengsi, Nobel Peace Prize, karena upaya yang dilakukan untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah.

Mengenal Tokoh Berpengaruh di Palestina, Yasser Arafat-Palestine Update
Keterangan foto: Yasser Arafat saat menerima penghargaan Nobel Peace Prize. (Sumber. Getty Images)

 

Di bidang pendidikan, Arafat sendiri mempelajari ilmu teknik sipil di Kairo, Mesir. Dulu kala, ia merupakan “student leader” (pemimpin mahasiswa) di Gaza – yang saat itu diperintah oleh Mesir. Selama Perang Arab-Israel yang kedua di tahun 1956, Arafat berperang melawan Israel sebagai seorang perwira dan ahli bahan peledak di militer Mesir.

Ia juga merupakan pendiri Fatah dan merupakan kepala cabang dari organisasi tersebut, di tahun 1965 dirinya menjadi pemimpin Fatah.

Pada tahun 1969, Arafat mengambil kemudi Palestine Liberation Organisation (PLO), yang berbasis di Yordania. Dirinya memimpin perlawanan terhadap Israel.

Sementara itu pada tahun 1974, PLO memperoleh status sebagai pengamat di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada tahun 1988, selama intifadhah (perlawanan) pertama Palestina, Arafat memproklamasikan kemerdekaan Negara Palestina dan dipilih menjadi presiden dari “negara yang belum ada” ini.

Di tahun yang sama, dirinya memberikan pidato di sesi khusus PBB di Jenewa, di mana dirinya menyatakan bahwa PLO mendukung “hak semua pihak yang terkait dengan konflik Timur Tengah untuk hidup damai dan dalam keamanan”.

Pernyataan tersebut membawa pada perbincangan perdamaian dengan Israel dan, akhirnya, menandatangani Perjanjian Oslo di tahun 1993. Perjanjian tersebut menyebabkan didirikannya Palestinian National Authority, yang kemudian dipimpin oleh Arafat sebagai presiden (1996). Bagaimanapun, proses perdamaian akhirnya gagal di tahun 2000.

Informasi tentang Palestina : Ribuan Warga Palestina Peringati 13 Tahun Kematian Yasser Arafat

Itulah sejumlah fakta menarik mengenai Yaser Arafat yang belum diketahui banyak orang. Meski dirinya sudah tidak ada, rakyat tidak pernah melupakannya dan selalu memperingati kepergian Arafat setiap tahunnya. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. World Summit of Nobel Peace Laureates

About admin

Check Also

420 Warga Palestina Ditangkap Penjajah Selama Bulan Juli - Palestine Update

420 Warga Palestina Ditangkap Penjajah Selama Bulan Juli

 Selama bulan Juli kemarin, sebanyak 420 warga Palestina ditangkap oleh Israel termasuk anak-anak dan wanita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *