Mural Melanglang Buana ke Amerika untuk Perkenalkan Palestina - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / Mural Melanglang Buana ke Amerika untuk Perkenalkan Palestina

Mural Melanglang Buana ke Amerika untuk Perkenalkan Palestina

Palestineupdate.com – Ahmed Hmeedat adalah seorang seniman berdarah Palestina. Ia begitu menginspirasi dengan karya-karya muralnya yang didedikasikan untuk negeri anbia. Dalam sebuah halaman profilnya di laman Museum Rakyat Palestina di Washington, ia mengungkapkan:

“Sebagai pengungsi yang hidup di bawah pendudukan dan pemblokadean ketat, aku telah belajar bagaimana beradaptasi dengan kenyataan di sekitar dan mengekspresikan diri dengan cara terbatas. Seni membantuku menerjemahkan kerumitan situasi kami menjadi bentuk yang lebih sederhana, yang bisa dipahami semua orang.”

“Sebagai contoh, aku membuat mural-mural di barak pengungsian di Bethlehem, memperingati para pemimpin Palestina dan aktivis yang dibunuh oleh tentara Israel. Mural-mural ini berdiri sebagai dokumen sejarah dan peringatan, mereka memberikan kenyamanan pada keluarga-keluarga, dan memberikan inspirasi yang bertahan lama setelah kepergian para tokoh.”

Berasal dari Palestina, Ahmed lahir dan besar di barak pengungsian Dheisheh, yang didirikan tahun 1948 di kota Bethlehem, di mana hampir 20 ribu orang tinggal di sana hari ini.

“Aku lahir di sana. Aku mengenyam bangku sekolah tinggi di sana. Aku kuliah di Yerusalem, dan setelah lulus dari universitas, aku pindah ke Amerika Serikat,” ungkap seniman tersebut.

Dirinya bertemu dengan Bshara Nassar, direktur Museum Rakyat Palestina, di Washington pada tahun 2014.

“Ia memberitahuku mengenai ide pembuatan museum dan aku sungguh menyambutnya. Ketika aku tinggal di Palestina, aku bekerja di bidang seni di Bethlehem, Ramallah, dan Yerusalem, biasanya fokus ke pameran seni dengan para seniman internasional. Aku fokus di pembuatan mural di dalam barak-barak termasuk “mural untuk peringatan”. Gelarku di bidang seni liberal, fokus pada hukum internasional, dan penjurusanku adalah sastra. Setelah menyelesaikan pendidikan master di bidang hukum, aku pindah ke DC.”

Baca Juga: Ingin Jaga Warisan, Pemuda Palestina Buat Pameran Mini di Sydney

Saat ini Ahmed adalah salah satu seniman yang karyanya ditampilkan di Museum Rakyat Palestina, yang akan dibuka pada musim semi tahun ini di ibu kota Amerika Serikat (AS) sebagai “kedutaan budaya”, setelah Organisasi Pembebasan Palestina (Palestinian Liberation Organization (PLO)) menutup kantornya di bawah perintah Presiden Donald Trump.

“Awalnya, itu merupakan museum Nakba, membuat sebuah museum untuk warga Palestina memperingati Nakba. Bahkan di Palestina tidak ada museum Nakba,” jelasnya.

“DC, di sisi lain, merupakan kota yang dipenuhi oleh banyak museum dan dengan pendaftaran yang gratis. Aku bilang pada Bshara, museum adalah ide yang bagus. Terdapat galeri seni nasional, museum holokaus (holocaust), dan lainnya – jadi, mengapa tidak memiliki sebuah museum Palestina? Atau museum Nakba? Masyarakat dapat mengetahui “bencana” yang dialami Palestina.”

Sesudah itu, mereka memulai proyek Washington.

“Aku kembali ke Palestina, karena tahu terdapat banyak seniman di sana dan mulai menghubungi mereka. Beberapa memberiku ide sementara yang lainnya memberikan karya seni. Dunia seni di Palestina jauh lebih kuat, dibandingkan dunia seni di sini  kupikir. Seniman-seniman di sana selalu sibuk, sibuk memproduksi dan selalu menjual.”

“Terdapat sebuah komunitas seni yang berpengaruh, khususnya di Bethlehem, Yerusalem, dan Ramallah. Kami mulai merekam para seniman dan mengirim karya mereka ke DC.”

Pameran pertama dilakukan pada tahun 2015. “Kami melakukan pembukaan dan memiliki seorang kurator pada saat itu, yang mau menjadi relawan bersama kami. Dia melakukan kurasi yang sangat bagus dan itu merupakan pameran yang sangat profesional,” ucap Ahmed.

Itulah pameran pertama yang menampilkan lima karya, di mana seluruhnya didedikasikan untuk Tragedi Nakba. (kimikim/palestineupdate)

*Mural – lukisan pada dinding (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Sumber. Alaraby

About admin

Check Also

Irlandia Dukung Palestina - Palestine Update

Irlandia Adakan Pertemuan Internasional untuk Bahas Isu Kepalestinaan

Palestineupdate.com – Kementerian Luar Negeri Irlandia mengadakan sebuah pertemuan di ibu kota Irlandia, Dublin, guna membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks