WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Nilai-Nilai Sirkus Kontemporer bagi Warga Palestina

Nilai-Nilai Sirkus Kontemporer bagi Warga Palestina

Sirkus terutama sirkus kontemporer yang kemudian berkembang di Palestina, menunjukkan  kurang lebih gambaran kehidupan warga di tengah penjajahan Israel.

palestineupdate.com – Seiring berjalannya waktu, warga Palestina tak lagi mengenal sirkus hanya dalam bentuk tradisionalnya. Sebagai sarana belajar dan pengalihan dari kehadiran penjajah – yang selalu mengganggu, warga kini jatuh cinta pada sirkus kontemporer. Lalu, bagaimana kisah selengkapnya? Simak ulasan dalam kabar Palestina hari ini.

berita palestina - sekolah sirkus palestina - www.palestineupdate.com (2) www.palestineupdate.com
Keterangan: Kegiatan Sekolah Sirkus Palestina. (Sumber. PCS)

 

Pada awalnya, sirkus masih tergolong fenomena baru di Palestina. Sebagian besar warga menganggap kalau sirkus merupakan pertunjukan dengan hewan, badut, dan aksi-aksi berani di dalamnya.

Ketika warga ditanyai apakah pernah melihat pertunjukan sirkus, sebagian besar menjawab tentang tayangan televisi. Selain itu, banyak warga Ramallah (Tepi Barat) mengingat pertunjukan sirkus Rusia – yang mendirikan tendanya di Al-Bireh pada tahun 2000, namun tidak pernah bisa tampil karena pecahnya intifadhah kedua.

Sirkus kemudian benar-benar tiba di Palestina dalam bentuk proyek lain seperti “Clowns without Borders”, yang bertujuan menunjukkan solidaritas kepada warga Palestina dan membawa kebahagiaan untuk anak-anak – di tengah situasi sulit yang ada. Mereka memperkenalkan sebagian besar anak dengan; piramida manusia, loncat akrobatik yang menakjubkan, pemain sulap, stilt walker, pesepada roda satu, serta masih banyak lagi – yang berkaitan dengan dunia sirkus kontemporer dan sosial.

 

Berita Palestina: Kelompok Sirkus Palestina dan Internasional Berkolaborasi dalam Sebuah Festival

 

Akan tetapi di tahun 2018, sirkus justru sangat digandrungi di Palestina. Pemain akrobat (penambul), badut, pemain akrobat udara, dan seniman-seniman hebat lain yang berasal dari Palestina, kini banyak menghibur publik.

Selain para siswa, pelatih, dan seniman dari Sekolah Sirkus Palestina (Palestinian Circus School (PCS)), banyak juga warga Palestina lain yang terkena “virus sirkus” di wilayah Nablus, Gaza, serta Al-Quds Timur.

Seluruhnya berbagi maksud yang sama dalam mengembangkan seni sirkus di Palestina, juga secara bersamaan menggunakan sirkus sebagai alat penting untuk mengenalkan generasi muda – yang terlalu sering tenggelam dalam kekejaman penjajah setiap harinya – pada nilai kerja sama, kepercayaan, kesetaraan, persatuan dalam perbedaan, dan memperkuat identitas individu serta nasional.

berita palestina - sekolah sirkus palestina - www.palestineupdate.com (3) - www.palestineupdate.com
Keterangan: Kegiatan Sekolah Sirkus Palestina. (Sumber. PCS)

 

Sekolah Sirkus Palestina

Sekolah sirkus ini dimulai pada tahun 2006, dengan diselenggarakannya lokakarya sirkus pertama untuk sekelompok kecil pemuda – yang kemudian begitu menyukai sirkus, hingga mereka berlatih keras, melakukan penampilan, serta berbagi kemampuan mereka pada anak-anak di seluruh negeri; dari Ramallah hingga ke Hebron dan Jenin.

Sekolah telah berkembang menjadi sebuah lembaga profesional non-pemerintah dan nirlaba, yang terdaftar secara resmi. Sekolah juga mengajarkan seni sirkus – sepanjang tahun – kepada lebih dari 300 anak dan pemuda, berusia 6 tahun ke atas, serta membuat pertunjukan-pertunjukan bersama siswa juga anggota tim, baik melalui tur lokal ataupun internasional.

Lembaga pun telah melakukan penampilan untuk puluhan ribu orang di Palestina serta luar negeri, dalam rangka menyebarkan rasa bangga, martabat, dan harapan dari warga Palestina.

 

Berita Palestina: Abu Sakha, Pemain Sirkus Palestina Akhirnya Terbebas dari Penjara Israel

 

Sirkus di Palestina?

Sirkus lahir untuk membuat sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Sementara itu, sirkus lahir di Palestina karena pribumi mengajarkan tentang kehidupan setiap harinya. Kenyataan sehari-hari di Palestina ibarat sebuah pertunjukan sirkus besar, di mana warga harus menyeimbangkan antara kehidupan dan kematian, di mana mereka bermain sulap dengan banyak rintangan yang dibuat oleh penjajah, di mana tawa mereka menyembunyikan kesedihan yang mendalam, dan di mana hak untuk bahagia dituntut setiap harinya.

Visi dari Sekolah Sirkus Palestina sendiri ialah;

“Kami memimpikan Palestina yang merdeka, di mana warga Palestina terlibat dalam kehidupan yang artistik, berbudaya, dan dinamis – yang merangkul kreativitas, kebebasan berekspresi dan perbedaan, sebagai pilar-pilar utama untuk masyarakat yang adil dan inklusif.” (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Palestine Circus School

 

About admin

Check Also

Musim Panas Gaza di Masa-Masa Blokade Israel

Pemblokadean Israel telah menyebabkan musim panas di Gaza menjadi berkali lipat lebih sulit dan menantang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *