PEA dan World Bank Luncurkan Proyek untuk Tingkatkan Energi Listrik di Gaza - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / PEA dan World Bank Luncurkan Proyek untuk Tingkatkan Energi Listrik di Gaza

PEA dan World Bank Luncurkan Proyek untuk Tingkatkan Energi Listrik di Gaza

Palestineupdate.com - The Palestinian Energy Authority (PEA) dan World Bank, pada Rabu (10/10), meluncurkan Dana Revolusi Energi Listrik Gaza, memasang energi matahari di Gaza untuk kebutuhan konsumen perumahan, bisnis, dan rumah sakit. Model percontohan memungkinkan konsumen untuk menerapkan  sistem PV surya.

Dana ini dibayar oleh Proyek Peningkatan Kinerja Listrik (ESPIP), dikembangkan secara kerja sama dengan World Bank. Perjanjian ini ditandatangani antara Otoritas Energi dan Sumber Daya Alam Palestina (PENRA) dan Perusahaan Distribusi Listrik Gaza (GEDCO). Acara peluncuran ini dihadiri oleh para perwakilan dana, LSM lokal dan Internasional, kementerian, perwakilan sektor perbankan, dan GEDCO.

Pasokan listrik yang tersedia di Gaza hanya memenuhi 35% dari keseluruhan permintaan yang mengakibatkan pemadaman bergilir kurang dari 6 jam, dan 12 jam pemadaman listrik. Selama musim dingin dan musim panas, situasi memburuk, listrik hanya 3-4 jam per hari. Situasi yang berulang ini sangat mengganggu kehidupan di Gaza.

“Jalur Gaza telah menderita krisis listrik yang parah selama bertahun-tahun, yang mempengaruhi sektor kehidupan di Gaza. Sangat penting untuk mencari solusi yang komprehensif. Inisiatif ini memberikan bantuan kepada banyak warga Gaza dan memungkinkan akan melanjutkan pelayanan ini dengan meningkatkan akses ke energi yang dapat terjangkau bagi semua warga Gaza, ucap Insinyur Zafer Milhem, Ketua PENRA.

“Peningkatan sistem tenaga surya di Gaza, khususnya untuk rumah tangga dan rumah sakit, akan menyediakan jaring pengaman yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar listrik. Selain itu, melindungi usaha kecil menengah dari kelangkaan listrik, dan menyediakan lebih banyak pekerjaan dan berkontribusi pada kegiatan ekonomi,” ucap Marina Wes, Direktur World Bank untuk Tepi Barat dan Gaza.

Dana revolusi energi Gaza awalnya mengucurkan USD 2 Juta untuk membantu lebih dari seribu rumah tangga dan bisnis untuk memasang sistem atap matahari dengan total sekitar 1,7 MV kapasitas terpasang.

Selain itu, Program ini  akan menyediakan bagi layanan publik di Gaza, seperti fasilitas kesehatan, salah satunya adalah Rumah Sakit An-Nasser. Fasilitas ini akan bekerja sama pula dengan WHO, Kementerian Kesehatan dan mitra Pembangunan.

Untuk Jalur Gaza, tenaga surya PV atap bisa memiliki dampak besar, mengingat kekurangan listrik yang parah, memungkinkan rumah sakit untuk melanjutkan perawatan menyelamatkan banyak nyawa, bisnis untuk beroperasi, dan rumah tangga untuk mempertahankan kehidupan yang layak.

Sumber : English Palestine News (Palestineupdate.com)

About admin

Check Also

Mariam al-Barr dan kedua saudarinya merawat kucing yang mereka temui di jalanan kota Gaza (foto:MEE)

Merawat Kucing-kucing Liar di Tengah Blokade dan Krisis Gaza

Palestineupdate.com - Di sebuah atap bangunan sederhana di barak pengungsian al-Shati , Barat Laut kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks