WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Pemukiman Kembali Dibangun, Warga Palestina Teringat Kenangan Buruk

Pemukiman Kembali Dibangun, Warga Palestina Teringat Kenangan Buruk

Israel akan membangun pemukiman ilegal baru di kota hantu (jalan Syuhada) di Al-Khalil (Hebron). Kota yang tidak terurus setelah pribumi diusir dari sana.

Palestineupdate.com – Sebuah pemukiman ilegal baru akan dibangun di jantung kota Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat bagian selatan, dan menambah daftar panjang pemukiman yang terkenal dengan kekerasan di area tersebut. Hal ini lantas membangkitkan kenangan buruk bagi warga. Lalu, bagaimana ulasan dan kisah lengkap mereka? Simak kabar Palestina hari ini.

Menteri Pertahanan Israel Naftali Bennet dari partai ultra-nasionalis “Hak Baru”, mengatakan beberapa waktu lalu bahwa sebuah pemukiman baru akan dibangun di atas pasar buah dan sayuran Al-Khalil, yang dulu ramai, namun sekarang oleh warga lokal disebut sebagai “kota hantu”.

berita palestina - pemukiman ilegal dibangun di al-khalil (2) - www.palestineupdate.com
Keterangan Foto: Jalan Syuhada di Kota Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat. (Sumber. Mondoweiss)

Menurut Bennet, bangunan-bangunan yang ada (yang termasuk ke dalam kotamadya Al-Khalil) akan diruntuhkan, demi membangun jalan untuk toko dan bangunan baru yang nantinya diperuntukkan bagi pemukim ilegal.

Pemukiman baru akan mendirikan blok-blok pemukiman yang berdekatan, di tengah Kota Tua Al-Khalil, meluas dari Masjid Ibrahimi sampai pemukiman Avraham Avinu, di mana menurut Bennet akan dilipatgandakannya jumlah populasi Yahudi di kota tersebut.

Sementara pemukim lokal merayakan pengumuman dan berterima kasih kepada Ghanet dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, warga Palestina di kota mengatakan bahwa pembangunan pemukiman diibaratkan seperti menabuh garam di atas luka pribumi.

Berita Palestina: Terlantar Antarkan Mereka pada Gua-gua di Tepi Barat

“Ini adalah berita buruk bagi kami,” ungkap aktivis lokal, Abu Shamsiyyeh.

“Pasar buah dan sayuran di Al-Khalil dulu merupakan pusat kota yang ramai, sampai warga Palestina dipaksa keluar oleh pendudukan Israel,” ungkapnya marah, frustrasi mengingat pemukim ilegal yang secara resmi mengambil alih tempat berharga milik pribumi.

Masa Lalu yang Menyakitkan

Kisah pasar Al-Khalil Lama dan lokasinya di Kota Tua, Jalan Syuhada, adalah kisah yang tidak akan pernah dilupakan oleh warga.

berita palestina - pemukiman ilegal dibangun di al-khalil (3) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan Foto: Jalan Syuhada di Kota Al-Khalil (Hebron), Tepi Barat. (Sumber. Mondoweiss)

Di tahun 1994, setelah pembantaian terhadap 29 warga Palestina di Masjid Ibrahimi oleh seorang pemukim ilegal Israel-Amerika, tentara Israel mulai menutup paksa toko-toko milik warga Palestina dan mengusir warga dari rumah mereka.

“Mereka mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan demi alasan keamanan,” ungkap Abu Shamsiyyeh, pria yang kini berusia 48 tahun dan berusia 20 tahun di masa itu, menceritakannya seolah baru terjadi kemarin.

“Mereka satu-satunya yang menyerang kami (warga Palestina), dan membunuh kami, namun kami satu-satunya yang dipaksa keluar dari rumah kami.”

berita palestina - tentara israel berjaga di sekitar Masjid Ibrahimi (4) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan Foto: Tentara Israel berjaga di sekitar Masjid Ibrahimi, Tepi Barat. (Sumber. Mondoweiss)

Hampir dalam waktu semalam, kota tersebut berubah untuk selamanya. Dalam beberapa tahun berikutnya, situasi hanya semakin memburuk bagi penduduk Palestina.

Bagi mereka yang tetap di Jalan Syuhada, pembatasan aktivitas mulai bertambah, toko-toko mereka ditutup, dan dari tahun ke tahun, lebih banyak pemukim pindah ke area tersebut – terkadang ke dalam rumah-rumah yang terabaikan, dan terkadang dengan paksa ke rumah-rumah yang masih ditinggali pribumi. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Mondoweiss

About admin

Check Also

berita palestina (2) - tahanan palestina disiksa penjajah israel - www.palestineupdate.com (1) - Palestine Update

Penyiksaan Israel Buat Keluarga Tak Kenali Wajahnya

Penyiksaan Israel terhadap seorang tahanan Palestina telah membuat keluarga tidak mengenalinya, akibat wajah yang cedera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *