WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Al-Aqsha / Peringati Tahun Baru Yahudi, Penjajah Kembali Usik Al-Aqsha

Peringati Tahun Baru Yahudi, Penjajah Kembali Usik Al-Aqsha

Tak bosan usik Al-Aqsha, sejumlah pemukim kembali serbu masjid suci ke tiga dengan dalih rayakan Tahun Baru Yahudi.

Palestineupdate.com – Selama puluhan tahun Israel menduduki negeri Palestina, tidak pernah bosan bagi mereka untuk mengusik Masjid Al-Aqsha yang berlokasi di kota Al-Quds. Gangguan pun kembali dilakukan baru-baru ini, di mana puluhan pemukim ilegal menyerbu masjid dengan dalih memperingati Tahun Baru Yahudi. Bagaimana kabar selengkapnya? Simak kabar Palestina hari ini!

Dijaga oleh pasukan bersenjata Israel, puluhan pemukim ilegal menyerbu masuk ke dalam kompleks Masjid Al-Aqsha untuk peringati tahun baru pada Selasa (1/10). Lebih dari 400 pemukim memasuki kompleks sejak hari Ahad lalu, pada permulaan perayaan Rosh Hashanah – Tahun Baru Yahudi yang merupakan satu dari 4 perayaan tahun baru yang dilakukan oleh orang Yahudi (Wikipedia), yang berakhir Selasa petang.

 

palestina hari ini - israel rayakan tahun baru yahudi di al-aqsha (2) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan foto: Pemukim Israel berfoto di depan Masjid Qubbatu Ash-Shakhrah, Al-Aqsha, Al-Quds, Palestina. (Sumber. Middle East Eye)

 

Uri Ariel, Menteri Pembangunan Desa dan Pertanian Israel, juga Yehuda Glick, anggota kongres Likud, berada di antara mereka yang menyerbu masuk kompleks. Keduanya memasuki Al-Aqsha bersama pemukim ilegal melalui Gerbang Maroko.

Lima warga Palestina ditahan namun sesudah itu dibebaskan, dan dua orang dilarang memasuki kompleks Masjid Al-Aqsha oleh polisi Israel.

Organisasi Wakaf Islam yang mengatur urusan di kompleks masjid, mengingatkan dalam sebuah pernyataan terkait provokasi para pemukim ilegal dan partisipasi dari Ariel serta Glick.

palestina hari ini - pejabat organisasi wakaf islam palestina (4) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan foto: Syaikh Abdul Adhim Salhab, Kepala Dewan Wakaf Islam Palestina. (Sumber. Suara Palestina News Agency)

“Kami mengutuk tindakan yang mengarahkan wilayah dan dunia, kepada hal yang tidak diketahui,” ungkap pihak Wakaf.

Organisasi tersebut juga menambahkan, polisi Israel yang melindungi para pemukim ilegal telah mengubah Al-Aqsha menjadi sebuah zona militer – menutup mata terhadap upaya pemukim yang memasuki kompleks masjid, tetapi melarang warga Palestina masuk dan menyita kartu identitas mereka di gerbang-gerbang kompleks.

‘Kami Akan Tinggal, dan Kamu Akan Mati’

 

palestina hari ini - dua aktivis palestina (3) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan foto: Hanady Halawani (kiri) dan Khadija Khweis (kanan). (Sumber. Hanady Halawani)

Dua aktivis terkemuka Palestina yakni Hanadi Halawani dan Khadija Khweis, diberikan surat larangan masuk ke kompleks masjid, salah satu situs suci di dalam Islam.

Dalam sebuah video di media sosial, Khadija mengatakan bahwa dirinya dilarang masuk ke dalam kompleks masjid selama enam bulan lainnya, sementara ia belum masuk ke kompleks selama satu tahun.

Hanadi juga dilarang masuk selama enam bulan. Ia meminta kepada petugas Israel agar memasukkan pernyataannya ke dalam dokumen resmi, yang melarangngya dari akses memasuki masjid.

palestina hari ini - hanady halawani aktivis palestina (5) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan foto: Hanady Halawani, aktivis Al-Aqsha yang mendapatkan surat larangan masuk ke kompleks masjid suci ke tiga. (Sumber. Hanady Halawani)

“Pelarangan yang terakhir adalah satu tahun penuh. Saya memintanya untuk menuliskan (di dalam surat) bahwa ‘pendudukan akan mati, dan kami akan tinggal, dan kamu akan mati, dengan izin Allah swt. Al-Aqsha adalah masjid kami, bukan kuil kalian’,” ucap Hanadi.

Berita Sejarah Palestina: Sejarah Pembakaran Masjid Al-Qibli

Di tempat lain, di depan para jemaah Palestina, militer Israel menutup Masjid Ibrahimi yang bersejarah di kota Al-Khalil – Tepi Barat, saat peringatan Rosh Hashanah pada Ahad.

Mengecam tindakan provokasi tersebut, Kementerian Wakaf memanggil warga Palestina di kota untuk pergi dan beribadah di masjid.

Konflik Atas Masjid Al-Aqsha

Para pemukim ilegal Israel begitu sering memasuki kompleks Masjid Al-Aqsha. Mereka juga sering melaksanakan ritual ibadah secara terlarang di dalam situs suci, di mana mereka yakin bahwa dulu pernah berdiri Kuil Yahudi Kedua di sana.

Beberapa aktivis sayap kanan Israel seperti Glick, telah menganjukan penghancuran kompleks masjid untuk diubah menjadi Kuil Yahudi ke Tiga.

Masjid Al-Aqsha merupakan salah satu situs suci di dalam Islam. Al-Aqsha juga merupakan kiblat pertama di dalam Islam, sebelum diubah menjadi mengarah ke Mekah di Arab Saudi. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

berita palestina - anak-anak Palestina ditangkap tentara Israel (1) - www.palestineupdate.com - Kasih Palestina

Sejumlah Kasus Terbaru yang Targetkan Anak-anak Palestina

Palestineupdate.com – Anak-anak di Palestina, baik mereka yang berasal dari Jalur Gaza atau pun Tepi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *