WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Propaganda Israel terhadap Sektor Pertanian Pribumi Palestina

Propaganda Israel terhadap Sektor Pertanian Pribumi Palestina

Penjajah Israel melakukan propaganda terhadap sektor pertanian Palestina, salah satunya dengan merusak tanaman dan pohon warga juga mengatur “hari koordinasi” untuk waktu panen.

Palestineupdate.com – Ramona Wadi dalam laman Middle East Monitor menulis terkait propaganda yang dilakukan penjajah Israel terhadap salah satu mata pencaharian utama pribumi Palestina, yakni  sektor pertanian. Apa saja yang dilakukan penjajah menurut penulis tersebut? Simak ulasan lengkapnya di kabar Palestina hari ini, ya!

Menurut Ramona, salah satu propaganda yang dilakukan penjajah adalah pada masa panen buah zaitun. Masa itu secara kontinyu mengingatkan pribumi tentang perusakan dan kekerasan yang dilakukan pemukim ilegal.

berita palestina - buah zaitun yang dipanen pribumi Palestina (2) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Keterangan Foto: Masa panen zaitun di kota Gaza. (Sumber. Middle East Monitor)

Pada tahun 2018, lembaga kemanusiaan B’Tselem melaporkan kerusakan parah yang ditimbulkan terhadap kebun-kebun zaitun, dengan salah satu petani Palestina yang menjelaskan bahwa, “Sepertinya pohon-pohon telah ditebang.”

Sementara itu, kesenjangan perihal kebebasan beraktivitas – akses tidak terbatas untuk para pemukim Israel yang bertentangan dengan hari-hari koordinasi milik warga Palestina untuk memanen – sekali lagi memaksa pribumi bungkam dan bukan merupakan keinginan mereka.

Tahu bahwa mengajukan protes kepada pemerintah pendudukan Israel tidak pula membawa hasil, para petani Palestina terpaksa diam dan hanya bisa melakukan panen dalam skala yang lebih kecil. “Saya hanya memiliki sisa tiga hari koordinasi dan saya lebih memilih untuk memanen pohon yang tersisa,” jelas salah satu petani.

Berita Palestina: Sekelompok Pemukim Ilegal Israel Hancurkan Seribu Pohon Muda di Nablus

Akan tetapi, Ramona mengungkapkan bahwa Coordination of Government Activities in the Territories (COGAT) dari militer Israel berusaha membuat seluruh dunia justru memercayai sebaliknya. Mereka membuat video propaganda terbaru yang menunjukkan seolah para petani dapat beraktivitas secara bebas di kebun mereka.

“Tujuan kami adalah untuk menjamin setiap petani memiliki akses yang bebas dan aman ke kebun mereka serta dapat memanen zaitun tanpa ada masalah,” dalih pihak penjajah Israel.

Mengoordinasikan masa panen zaitun bukanlah kebebasan, lanjut Ramona, begitu pula dengan kehadiran militer di tempat bekerja.  Apabila COGAT perlu menyoroti eksistensinya di lapangan dan menekankan “akses yang bebas dan aman” terhadap wilayah, mereka menggarisbawahi sejumlah besar pelanggaran yang tidak hanya berkaitan dengan panen zaitun, melainkan juga penjajah yang merampas hak-hak pribumi Palestina – yang di tempat lain diterima begitu saja.

berita palestina - israel ganggu sektor pertanian palestina (3) - www.palestineupdate.com - Palestine Update
Sumber Foto: Mint Press News

Kehadiran Israel, juga militer dan populasi pemukim ilegal, merupakan alasan mengapa COGAT mencoba menormalisasi eksistensi militer dan menyamakannya dengan memberikan warga Palestina akses yang aman ke tanah mereka sendiri.

Permasalahannya jauh lebih besar dari panen zaitun; ini mengenai pencurian tanah yang keterangannya dihilangkan dari narasi palsu buatan Israel. Akan tetapi dengan melakukan hal tersebut, lantas timbul pertanyaan yang jelas: mengapa warga Palestina harus dipaksa bekerja berdampingan dengan militer, jika mereka memang hidup bebas di tanah mereka sendiri? (kimikim/palestineupdate)

 

*Koordinasi – pembatasan sistem untuk mengatur pola gerak supaya mencapai sasaran tertentu (KBBI).

 

Ramona Wadi – peneliti independen, jurnalis lepas, peresensi buku, dan blogger. Tulisannya mencakup berbagai tema yang berkaitan dengan Palestina, Chili, dan Amerika Latin.

About admin

Check Also

berita palestina - desa beit ummar di tepi barat (1) - www.palestineupdate.com - Palestine Update

Jalan Baru Akan Dibuat, Kehidupan Pribumi Palestina Terancam

Israel yang akan bangun jalan baru untuk pemukim ilegal di Beit Ummar, Al-Khalil (Hebron), Tepi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *