WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Protes Atas Dinding Israel, Seniman Eropa Buat Karya Stensil

Protes Atas Dinding Israel, Seniman Eropa Buat Karya Stensil

Palestineupdate.com – Seniman stensil asal Eropa, di mana dalam akun Instagram miliknya ia menamai diri sebagai Cakes Stencils, berbagi cerita ketika membuat sejumlah karya di dinding milik Israel di Tepi Barat – kepada Palestine Update.

Seni stensil sendiri merupakan teknik seni yang menggunakan cetakan sebagai alat utamanya, dan termasuk ke dalam salah satu cabang dari seni rupa (menurut Wikipedia).

Ia bercerita bahwa dirinya berbasis di Eropa. Lalu suatu hari, melalui bandara di Tel Aviv, ia menginjakkan kaki di Palestina. Sudah delapan kali ia berkunjung ke negeri anbia.

Berkaitan dengan karya-karya yang ia buat di Palestina, seniman tersebut mengungkapkan bahwa karya-karya itu dibuat olehnya sendiri.

“Saya membuat desain-desainnya sebelum pergi ke sana, lalu memotong stensilnya di Palestina.”

Sejauh ini, Cakes sudah membuat lebih dari 120 desain yang berbeda, dan tidak pernah ketahuan oleh para penjajah Israel.

Orang-orang yang mengenal karyanya pasti bertanya-tanya, bagaimana bisa ia melukis di dinding yang dijaga oleh pasukan penjajah. Apakah tidak ada kesulitan dalam membuatnya?

Baca Juga: Bantu Sembuhkan Trauma Anak Palestina, Seniman Eropa ini Buat Grafiti

Ia mengakui bahwa terdapat beberapa tempat (titik) di mana dirinya seolah mesti memiliki mata di sekitar kepalanya, demi berjaga-jaga dari para petugas Israel. Terlebih bagi dirinya yang sering kali membuat gambar di sana.

“Beberapa bulan terakhir, ada seniman lain yang ditangkap oleh tentara. Untung saja, sejauh ini hal tersebut tidak terjadi pada saya,” lanjutnya.

Kini, bisa dibilang, Cakes merupakan seniman yang begitu dikenal di dunia. Melalui akun media sosialnya, Cakes menunjukkan karya-karya yang ia buat di Palestina. Maka, itu pasti akan memengaruhi produktivitas dan aktivitasnya dalam membuat karya.

“Saya (juga) harus fokus agar tidak dikenali, bukan hanya membuat gambar.”

Ungkapan untuk Orang-orang

“Saya tidak ingin membuat karya seni yang ‘bagus’… Saya akan tetap membuat karya yang ‘buruk’, karena dinding itu adalah sesuatu yang salah, dan suatu hari nanti akan dihancurkan.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada seluruh warga Palestina yang saya temui… Tanpa bantuan mereka, saya tidak akan bisa membuat banyak karya.” (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina- Palestine Update

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina

Palestineupdate.com – Israel telah melarang pemberian visa untuk para akademisi yang mencoba bekerja di universitas-universitas terkemuka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *