WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Qatar Selesai Bangun Pusat Rehabilitasi untuk Difabel di Jalur Gaza

Qatar Selesai Bangun Pusat Rehabilitasi untuk Difabel di Jalur Gaza

Palestineupdate.com – Palestina kembali mendapatkan bantuan dari luar negeri, di mana Qatar pada hari Senin (22/4) membuka rumah sakit prostetik dan pusat rehabilitasi cacat di Jalur Gaza, dilansir dari Aljazeera.com.

Dikabarkan bahwa bantuan tersebut sebelumnya mengalami penundaan, namun akhirnya hambatan berhasil dilalui.

Rafat Lubad, direktur rumah sakit setempat, mengatakan bahwa fasilitas-fasilitas tersebut sangatlah diperlukan, di mana lebih dari 130 warga Palestina kehilangan anggota badan mereka (diamputasi) selama setahun terakhir, setelah ditembak oleh tentara Israel saat mengikuti Aksi Kepulangan Akbar di perbatasan Gaza-Israel.

Sebuah gerakan aksi protes oleh warga Palestina dilakukan demi menuntut 12 tahun blokade Israel, agar segera dihentikan. Blokade tersebut telah mengurung mereka dari dunia luar.

Baca Juga: Dokter-dokter Palestina Kecam AS yang Potong Dana untuk Rumah Sakit

Rumah Sakit Hamad, yang dinamai sesuai dengan nama raja di Qatar, memiliki 100 ranjang pasien dan menawarkan sejumlah pelayanan untuk warga yang kehilangan kaki atau tangan – disebabkan serangan atau kecelakaan. Anak-anak dengan gangguan pendengaran atau cacat motorik dapat memperoleh perawatan di fasilitas canggih seluas 12 ribu meter persegi.

Qatar mengajukan (pembangunan) rumah sakit di tahun 2012, ketika Raja (Emir) Hamad bin Khalifa Al-Thani menjadi kepala pemerintahan pertama yang mengunjungi Gaza, sejak Hamas memimpin wilayah tersebut pada tahun 2007.

Syekh Hamad menjanjikan lebih dari USD 400 juta untuk proyek infrastruktur, perumahan dan bantuan, termasuk rumah sakit.

Akan tetapi, kurangnya jumlah dana dan staf yang berkualitas telah menghambat otoritas-otoritas kesehatan Hamas, dalam mengoperasikan fasilitas tersebut setelah bangunan selesai dibangun. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Mohammad Alqadi - Palestine Update

Mohammad Alqadi: Lari Kelilingi Dunia untuk Kibarkan Bendera Palestina 

Palestineupdate.com – Menjadi agen perjuangan internasional merupakan pilihannya untuk kehidupan. Walau harus jauh dari tanah air, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *