WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Ratusan Nelayan dan Petani Gaza Lakukan Aksi Protes Terkait Pemblokadean

Ratusan Nelayan dan Petani Gaza Lakukan Aksi Protes Terkait Pemblokadean

Palestineupdate.com – Ratusan petani dan nelayan Palestina melakukan aksi protes pada hari Senin (3/12) di Alun-alun Al-Saraya, Kota Gaza, menuntut pencabutan blokade dan pembagian wilayah Palestina.

Melansir dari Maannews.com, aksi protes dimulai dari Alun-alun Al-Saraya sampai Alun-alun Unknown Soldier di Kota Gaza. Para demonstran meneriakkan slogan-slogan menuntut persatuan Palestina, serta memegang papan tanda bertuliskan kecaman terhadap pemisahan dan blokade Israel di Jalur Gaza.

Ketua Persatuan Nelayan Palestina di Gaza, Zakariya Bakr, mengatakan bahwa para nelayan datang untuk menyuarakan pendapat mereka terhadap ketidakadilan dan pemblokadean.

Dia menambahkan bahwa para nelayan menyeru masyarakat internasional untuk mengakhiri blokade Gaza, namun sebelum blokade berakhir, pemisahan wilayah Palestina haruslah berakhir.

Koordinator Komite Nelayan dan Pertanian, Saad Ziyadeh, mengatakan bahwa protes dilakukan demi menyeru komunitas internasional agar mengakhiri “kebisuan negara” terkait hak warga Palestina, dan untuk membuat Israel bertanggung jawab atas kejahatan yang dilakukan terhadap wilayah pemblokadean.

Selain itu, dirinya menambahakan bahwa maksud kedua dari protes yang ditujukan kepada para pembuat keputusan di Tepi Barat dan Gaza, menuntut mereka untuk mengakhiri pemisahan wilayah negara.

Baca Juga: Selama November, Masjid Ibrahimi Dilarang Kumandangkan Azan Sebanyak 47 Kali

Ziyadeh menunjukkan dampak kemanusiaan dari adanya blokade Israel dan pemisahan Palestina, yang meliputi peningkatan kasus kemiskinan ekstrem, pengangguran, krisis makanan dan kelaparan. Gaza telah menderita selama hampir 12 tahun akibat pemblokadean di jalur darat, laut dan udara.

Sebagai bagian dari blokade Israel di wilayah tersebut sejak 2007, tentara Israel, menyebutkan kekhawatiran keamanan, mengharuskan nelayan-nelayan Palestina di Jalur Gaza untuk bekerja dalam radius wilayah laut yang terbatas. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

BDS Movement - Palestine Update

BDS Luncurkan “Israeli Apartheid Week” di 200 Kota Dunia

Palestineupdate.com – Gerakan boikot Israel (Boycott, Divestment, and Sanctions (BDS) Movement) menyelenggarakan acara besar tahunan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *