WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Reaksi Pemimpin Dunia Terhadap Deal Of The Century

Reaksi Pemimpin Dunia Terhadap Deal Of The Century

Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel (sebelah kiri); Donald Trump, Presiden Amerika Serikat (sebelah kanan) saat mengemukakan rencana proposal Deal of The Century

 

Rencana Proposal Deal Of The Century sampai saat ini masih menjadi pembicaraan. Proposal yang menuai kontroversi ini telah menimbulkan banyak pro dan kontra.

 

Palestineupdate.org— Berita Palestina terbaru masih bersinggungan erat dengan wacana Proposal Deal of The Century yang masih mengemuka. Banyak pemimpin negara di dunia memberikan responnya terhadap rencana sepihak dari Presiden Amerika, Donal Trump bersama Benjamin Netanyahu itu.

Lantas bagaimana respon dari para pemimpin dunia terhadap kebijakan yang akan berpengaruh terhadap kondisi Palestina hari ini? Mari simak sajian informasi dari Palestine Update berikut ini.

 

Respon Palestina Terhadap Deal Of The Century

Protes yang dilakukan oleh rakyat Palestina/foto:Middle East Eye

Sejak rencana proposal Deal of  The Century mengemuka ke khalayak, respon dari berbagai kalangan bermunculan, yang pertama kali memberikan respon penolakan adalah Palestina sebagai negara yang paling dirugikan dalam proposal yang sebelah pihak itu.

Bentuk protes penolakan demonstrasi sudah dilayangkan oleh rakyat Palestina, kecaman telah diutarakan dan perlawanan akan terus digaungkan, untuk menolak kesewenangan yang dilakukan Amerika Serikat beserta sekutunya Israel.

Wacana Deal Of The Century yang dianggap sebagai sebuah solusi untuk perdamaian konflik Palestina dan Israel, nyatanya hanyalah sebuah taktik untuk menjembatani agar Israel semakin kokoh berdiri.

Sami Abu Zuhri, seorang pejabat Hamas yang memerintah Jalur Gaza, mengatakan pernyataan Trump itu “agresif dan akan memicu banyak kemarahan”.

“Pernyataan Trump tentang Yerusalem adalah omong kosong dan Yerusalem akan selalu menjadi tanah Palestina,” katanya.

 

Baca juga: Trump Sebabkan Pembangunan Ulang Rumah Warga Gaza Terhambat

 

Kecaman Pemimpin Dunia Terhadap Rencana Trump

Rencana proposal Deal Of The Century ini tidak hanya menuai protes keras dari rakyat Palestina, tetapi para pemimpin dunia juga ikut bersuara. Berikut kami sajikan negara-negara yang turut menolak proposal Deal Of The Century Trump sebelum berhasil diimplementasikan.

 

Turki

Recep Tayyip Erdogan/foto:Aljazeera

Presiden Recep Tayyip Erdogan ikut mengecam proposal Deal Of The Century Trump. Erdogan menyebutkan bahwa rencana proposal itu tidak akan mendatangkan perdamian dan resolusi atas konflik yang telah begitu lama terjadi. Justru kesepatan itu akan menjadi sebuah legitimasi atas keberadaan Israel dan mengabaikan hak-hak rakyat Palestina.

 

Kementerian Luar Negeri Turki menyebutkan bahwa Yerusalem adalah tempat suci bagi umat Islam, keberadaanya menjadi mutlak milik rakyat Palestina, tidak dapat dibeli dengan sebuah tandatangan diatas perjanjian.

 

Iran

Hesameddin Ashena, penasihat Presiden Iran/foto: wikipedia

Negara Iran juga ikut memberikan kecaman terhadap Proposal Deal Of The Century Trump. Ketidak setujuan itu disampiakan lewat akun Twitter Hesameddin Ashena. Ashena yang juga merupakan penasihat Presiden Iran, Hassan Rouhani itu menyebutkan bahwa rencana kesepakatan Deal Of The Century itu adalah kesepakatan antara rezim Zionis Israel dan Amerika Serikat. Solusi terhadap Palestina tidak termaktub dalam rencana proposal tersebut.

 

Lebih lanjutnya Ashena menyebutkan bahwa ini adalah bukan rencana perdamaian, melainkan sebuah rencana pemaksaan terhadap konflik yang terus terjadi. Pernyataan ini diperkuat dengan ungkapan dari Kementerian Luar Negeri Iran yang mengatakan dalam pernyataannya bahwa rencana proposal Deal of The Century adalah sebuah rencana penghianatan abad ini.

 

Hizbullah

Potret pemimpin Hizbullah/foto:Aljazeera

 Gerakan Hizbullah Lebanon tidak ikut diam dalam menanggapi adanya rencana proposal yang dikemukakan oleh Trump. Hizbullah menyebutkan bahwa rencana proposal itu merupakan sebuah kesepakatan yang memalukan dan akan memberi dampak dan konsekuensi negatif terhadap masa depan wilayah Paleastina

 

 

Houthi Yaman

Potret gerakan Houti di Yaman/foto:Merdeka

 Kecaman juga datang dari Mohammed Ali Al-Houthi, pemimpin gerakan Houthi di Yaman yang mengungkapkan bahwa rencana proposal Deal of The Century merupakan sebentuk agresi militer secara terang-terangan yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap bangsa Palestina. Houthi juga menyampaikan tudingan bahwa rencana proposal ini ada yang mendanai untuk memperkuat kedudukan Israel.

Sahabat Palestine Update, pemimpin dunia begitu serius menyoroti rencana proposal Deal of The Century Trump yang akan membahayakan Palestina, dan umumnya kita semua selaku umat muslim dunia. Mari kita semua terus memantau dan mengawal keberlanjutan dari rencana Trump ini, sebagai bentuk perhatian atas apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Nantikan selalu informasi-informasi terbaru tentang Palestina di laman kami.

(itari/palestineupdate)

(Sumber: Aljazeera)

About admin

Check Also

Israel Langgar Hak-Hak Tahanan Palestina Selama Ramadhan

Bulan Ramadhan yang dinantikan umat Islam seharusnya menjadi saat yang dapat dimanfaatkan untuk mendulang pahala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *