Ribuan Pemukim Ilegal Serbu Nablus dan Lukai 20 Warga Palestina - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / Ribuan Pemukim Ilegal Serbu Nablus dan Lukai 20 Warga Palestina

Ribuan Pemukim Ilegal Serbu Nablus dan Lukai 20 Warga Palestina

Palestineupdate.com – Ribuan pemukim Israel menggerebek kota Nablus, Tepi Barat, belum lama ini. Penggerebekan malam hari itu dimaksudkan untuk melakukan ritual keagamaan Yahudi di Makam Yusuf di wilayah Balata, dilansir dari Middleeastmonitor.com.

Tentara pendudukan Israel melarang warga Palestina mengakses wilayah ketika para pemukim berada di sana. Warga Palestina yang mencoba menutup jalanan untuk menghentikan para pemukim masuk.

Mereka menjadi target tentara Israel yang menggunakan senjata (live ammunition, rubber bullets dan teargas canister) untuk membubarkan mereka. Akibatnya 20 orang terluka.

Makam Yusuf berlokasi di Area A Tepi Barat, yang – di bawah Perjanjian Oslo – berada di bawah kuasa penuh Otoritas Palestina (Palestinian Authority (PA)).

Meski begitu, tentara Israel sangat sering memberikan penjagaan kepada pemukim untuk menyerbu area tersebut dan melakukan ritual di sana, membatasi aktivitas warga Palestina dan menargetkan mereka yang berdiri di jalan yang akan pemukim Yahudi lewati.

Baca juga: Palestina Minta Brasil Pertimbangkan Ulang Rencana Pemindahan Kedubes

Makam tersebut dihormati oleh kaum Yahudi, kaum Kristiani, Muslim, dan orang-orang Samara. Militer Israel mengizinkan kaum Yahudi mengunjunginya sebagai bagian dari ziarah yang terorganisasi, terlepas dari lokasi yang terletak di “Area A” di mana PA memiliki kuasa penuh. Tentara Israel pun melarang Muslim berziarah di sana.

Warga Palestina meyakini bahwa Makam Yusuf merupakan makam Syekh Yousif Dweikat, seorang tokoh keagamaan lokal. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Kisah Ayah dari Gaza-Palestine Update

Kisah dari Gaza: Kasih Ayah pun, Sepanjang Masa

Palestineupdate.com – Dalam bahasa Indonesia terdapat pepatah yang menyebutkan bahwa kasih ibu sepanjang masa… Akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks