WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Sejumlah Seniman Gaza Desak Pemboikotan Eurovision Israel

Sejumlah Seniman Gaza Desak Pemboikotan Eurovision Israel

Palestineupdate.com – Sejumlah seniman Palestina telah meminta para kontestan yang ambil bagian dalam Eurovision untuk memboikot kompetisi musik internasional, yang akan diselenggarakan pekan depan di Israel tersebut, dilansir dari Daysofpalestine.com.

Menurut Asosiasi Seniman Palestina (Palestinian Artists Association), yang berbasis di wilayah pemblokadean Jalur Gaza, Israel tengah menggunakan acara tersebut untuk “mengekalkan penindasan, mendukung ketidakadilan, atau menutupi rezim apartheid yang brutal”.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Kamis (9/11), para seniman menyebutkan pembunuhan terhadap lebih dari 60 warga Palestina oleh tentara Israel, dalam aksi protes di perbatasan Gaza pada 14 Mei tahun lalu, “hari yang sama dengan menangnya Israel di Eurovision”.

Baca Juga: Didesak BDS, Israel Ubah Yerusalem Jadi Tel Aviv untuk Selenggarakan Kontes Eurovision

Asosiasi tersebut juga melakukan “aksi duduk” (semacam aksi protes) di luar kantor Uni Eropa di Gaza, dan menulis sebuah surat protes.

Sejumlah seniman dan tokoh budaya telah mendesak pemboikotan untuk acara Eurovision tahun ini, yang diselenggarakan di Israel, termasuk Roger Waters – yang menulis sebuah surat terbuka untuk Madonna, memintanya membatalkan rencana tampil di acara tersebut – sama halnya dengan sejumlah tokoh Inggris seperti Vivienne Westwood, Peter Gabriel, dan Mike Leigh, yang meminta BBC membatalkan liputannya.

Seruan boikot Eurovision juga telah dilakukan oleh gerakan boikot Israel BDS (Boycott, Divestment and Sanctions) yang dipimpin oleh Palestina, di mana gerakan tersebut – sejak tahun 2005 – telah menyerukan dan mengkoordinasikan kampanye anti apartheid secara global. Pemboikotan termasuk unsur-unsur ekonomi, akademik, dan budaya. (kimikim/palestineupdate)

 

About admin

Check Also

Mohammad Alqadi - Palestine Update

Mohammad Alqadi: Lari Kelilingi Dunia untuk Kibarkan Bendera Palestina 

Palestineupdate.com – Menjadi agen perjuangan internasional merupakan pilihannya untuk kehidupan. Walau harus jauh dari tanah air, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *