WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Serangan Kejam di Selandia Baru Bunuh dan Lukai Warga Palestina

Serangan Kejam di Selandia Baru Bunuh dan Lukai Warga Palestina

Palestineupdate.com – Sedikitnya satu warga Palestina menjadi salah satu korban dari 49 orang yang meninggal dunia, dalam serangan yang terjadi di Selandia Baru pada hari Jumat (15/3), dilansir dari Middleeastmonitor.com.

Masjid di seluruh wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza mengenang para korban dari serangan teroris di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru, dengan melaksanakan salat gaib.

Duta besar Otoritas Palestina untuk Australia dan Selandia Baru, Izzat Abdel Hadi, mengumumkan bahwa sedikitnya satu warga Palestina meninggal dunia dan enam orang terluka yang juga keturunan Palestina. Mereka termasuk Shehada Sinawi, Wasim Abdulrazaq dan putranya, serta Mohammed  Eliyan dan putranya.

Pemimpin Jalur Gaza, Hamas, juga mengecam serangan teroris, dan menyeru pemerintah Selandia Baru untuk menjamin keadilan akan ditegakkan.

Kementerian Luar Negeri Yordania mengonfirmasi pula bahwa salah satu warga Yordania meninggal dunia dan lima orang terluka akibat serangan. Dalam cuitannya, Raja Abdullah II mengungkapkan, “Pembantaian kejam terhadap Muslim yang tengah beribadah dengan damai di Selandia Baru merupakan sebuah kejahatan teroris yang mengerikan. Ini menyatukan kita dalam melawan ekstremisme, kebencian, dan terorisme, yang tidak mengenal agama.”

Baca Juga: Serangan 2008: Peristiwa Naas di Jalur Gaza Satu Dekade Silam

Salah satu penembak menargetkan masjid terbesar di kota tersebut, An-Nuur, ketika waktu salat Jumat. Sekitar 200 orang diperkirakan berada di dalam bangunan ketika insiden terjadi, menyebabkan kematian terhadap 41 orang. Delapan orang meninggal di lokasi kedua, dan satu korban meninggal di rumah sakit akibat lukanya.

Puluhan jemaah dengan luka tembak masih dalam perawatan di pusat kesehatan di kota Christchurch; para pasien berkisar dari anak-anak sampai orang dewasa, dengan luka yang ringan hingga parah. Beberapa orang perlu menjalani operasi dan beberapa lainnya telah dibawa ke pusat kesehatan lain di Selandia Baru.

Empat orang, termasuk satu wanita, telah ditahan oleh otoritas Selandia Baru; penembak utama Brenton Tarrant menyiarkan secara langsung penembakan yang ia lakukan di Masjid An-Nuur di media sosial, dan menyebarkan tautan ke sebuah manifesto 87 halaman yang dipenuhi dengan ide-ide anti-imigran, anti-Muslim dan penjelasan untuk serangan. Diperkirakan Tarrant akan hadir di pengadilan hari ini, Sabtu (16/3).

Masjid-masjid di seluruh dunia telah meningkatkan keamanan setelah kejadian tersebut, khawatir bahwa kejadian tersebut dapat menginspirasi ekstremis-ekstremis sayapn kanan lainnya.

Serangan juga dikecam oleh para pemimpin dunia. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa kejadian tersebut merupakan contoh paling baru dari meningkatnya rasisme dan Islamofobia. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Mohammad Alqadi - Palestine Update

Mohammad Alqadi: Lari Kelilingi Dunia untuk Kibarkan Bendera Palestina 

Palestineupdate.com – Menjadi agen perjuangan internasional merupakan pilihannya untuk kehidupan. Walau harus jauh dari tanah air, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *