WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Serikat Pekerja di Inggris Boikot HP demi Solidaritas terhadap Palestina

Serikat Pekerja di Inggris Boikot HP demi Solidaritas terhadap Palestina

Palestineupdate.com – Dalam sebuah kemenangan besar untuk kampanye Boikot HP, serikat pekerja terbesar kedua di Inggris dan Irlandia, dengan 1,2 juta anggota, Unite the Union bergabung dengan kampanye, menurut jumpa pers gerakan BDS (Boycott, Divestment and Sanctions).

Unite bergabung dengan Federatie Nederlandse Vakbeweging (FNV), serikat pekerja terbesar di Belanda, dengan 1,1 juta anggota, yang melepaskan Hewlett Packard (HP) sebagai rekan dalam penawaran mereka kepada anggota-anggota mereka di bulan April.

Kampanye Boikot HP dan perhatian serikat-serikat tersebut, berfokus pada penyediaan peralatan serta teknologi HP dan HPE untuk tentara dan polisi Israel, juga untuk basis data populasi yang Israel gunakan demi memaksakan sistem segregasi (pemisahan) rasial mereka.

Unite, dalam pertemuan Dewan Eksekutifnya pada bulan Juni, menyampaikan sebuah resolusi untuk mengakhiri pembelian produk-produk HP  dan menggantinya dengan produk-produk yang ada. Unite the Union melihat ini sebagai sebuah langkah ke arah penetapan standar mereka untuk solidaritas, pada kampanye-kampanye global untuk keadilan dan dukungan bagi seluruh pekerja.

Joseph Bleach, seorang anggota dari Unite the Union, mengatakan, “Solidaritas dengan perjuangan kemerdekaan Palestina merupakan sebuah bagian penting dalam membangun dunia yang adil. Ketika Israel memperluas pendudukan, apartheid, dan kolonisasinya terhadap rakyat Palestina, perusahaan HP mengambil keuntungan dari pelanggaran berat hukum internasional dan hak asasi manusia yang terjadi di Palestina tersebut.

Baca Juga: UNICEF dan Al Fakhoora Selesaikan Program Investasi Pendidikan di Gaza

“Hingga perusahaan HP mengakhiri seluruh keterlibatan semacam itu dalam pelanggaran hak asasi manusia yang begitu serius, kami akan terus mengecualikan mereka. Serikat kami akan terus berdiri dalam solidaritas bersama dengan para pekerja serta perjuangan – demi keadilan di Palestina dan secara global.”

Apoorva PG, koordinator bersama Komite Nasional BDS Palestina, yang memimpin kampanye tersebut, mengatakan, “Warga Palestina, khususnya para pekerja, sangat berterima kasih atas solidaritas Unite the Union baru-baru ini terhadap perjuangan kami untuk keadilan dan kemerdekaan.”

“Perusahaan HP sudah lama membolehkan kebijakan-kebijakan kriminal dan apartheid Israel, dan mereka harus bertanggung jawab atas itu. HPE menyediakan basis data untuk registrasi populasi Israel, instrumen yang memberlakukan pemisahan secara apartheid dan rasial terhadap penduduk Palestina di Israel serta ‘penduduk’ Yerusalem Timur. HP juga mengatur basis data untuk para pemukim ilegal Israel di Tepi Barat.”

“Perusahaan HP menyediakan komputer untuk tentara Israel. Perusahaan tersebut harus segera dan secara tegas mengakhiri semua ini dan segala keterlibatan lain yang termasuk dalam pelanggaran serius hukum internasional, mereka juga harus membayar ganti rugi keapda warga Palestina yang menjadi korban.”

Sementara itu, pada bulan April 2018, Dewan Kota Dublin di Irlandia menjadi ibu kota pertama di Eropa yang menyokong BDS dan berjanji untuk mengakhiri kontak mereka dengan perusahaan HP serta DXC Technology.

Boikot HP adalah kampanye gerakan BDS Palestina yang global dan tengah berkembang, yang terinspirasi dari gerakan global melawan apartheid di Afrika Selatan. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Wafa News Agency

About admin

Check Also

berita palestina - intifada pertama di palestina (1) - www.palestineupdate.com - Palestine Update

Memori Intifada Pertama yang Begitu Membekas

Intifada Pertama yang terjadi puluhan tahun lalu masih membekas kuat di ingatan orang-orang, termasuk bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *