Suriah Berencana Kembalikan Pengungsi Palestina ke Barak Yarmouk - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / Suriah Berencana Kembalikan Pengungsi Palestina ke Barak Yarmouk

Suriah Berencana Kembalikan Pengungsi Palestina ke Barak Yarmouk

Palestineupdate.com – Otoritas Suriah telah membuat rencana untuk mengembalikan warga Palestina ke barak pengungsian Yarmouk di Damaskus bagian selatan, ucap wakil menteri luar negeri pada Selasa (6/11), dilansir dari Alaraby.co.uk/english.

Dalam sebuah wawancara dengan penyiar radio Al-Mayadeen yang berbasis di Beirut, Faisal Al-Meqdad mengatakan adanya rencana pengembalian seluruh pengungsi ke barak, rumah bagi sekitar 160 ribu warga Palestina sebelum perang Suriah pecah pada tahun 2011.

Dirinya tidak menjelaskan secara rinci bagaimana atau kapan, para pengungsi akan mulai kembali.

Pemerintah Suriah dan pasukan sekutu merebut area tersebut pada bulan Mei dari kelompok Islamic State (IS/ISIS), memaksa para pasukannya keluar dari satu-satunya basis mereka di ibu kota.

“Upaya sedang dilakukan untuk membersihkan (barak) dari ranjau yang ditinggalkan oleh… Daesh (IS),” ucap Meqdad.

Dibangun pada tahun 1957 dengan kemah-kemah untuk warga Palestina yang diusir dari rumah mereka akibat pendirian Israel, Yarmouk tumbuh menjadi lingkungan yang sibuk.

Pada tahun 2012, sekitar 140 ribu penduduknya menyelamatkan diri karena bentrokan pecah. Mereka yang tinggal, menghadapi kekurangan makanan dan obat-obatan yang hebat, di bawah blokade pemerintah yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Pasukan Daesh memasuki area di tahun 2015, membawa penderitaan terus-menerus kepada para penduduk yang tinggal, sampai dipaksa keluar pada bulan Mei.

Lima bulan berlalu, hanya sejumlah kecil penduduk yang memutuskan untuk kembali. Meqdad mengatakan, Damaskus ingin menghilangkan setiap “rumor” bahwa warga Palestina telah ditelantarkan.

Baca juga: Mesir Tidak Tolak Pengiriman Bantuan Qatar ke Gaza

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan pejabat-pejabat Palestina telah mengkritik Damaskus karena tidak memberikan lampu hijau untuk rencana pembangunan ulang atau secara resmi mengizinkan penduduk untuk kembali.

Pada hari Senin, Meqdad mengatakan, pemerintah Suriah tidak akan keberatan dengan peran Otoritas Palestina atau UNRWA (lembaga PBB untuk pengungsi Palestina) dalam membangun ulang barak.

Lebih dari 360 ribu orang telah meninggal dibunuh sejak perang multi-aspek Suriah pecah di tahun 2011 dengan penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Kisah Ayah dari Gaza-Palestine Update

Kisah dari Gaza: Kasih Ayah pun, Sepanjang Masa

Palestineupdate.com – Dalam bahasa Indonesia terdapat pepatah yang menyebutkan bahwa kasih ibu sepanjang masa… Akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks