Tingginya Angka Kematian Anak, Disebabkan oleh Krisis Kemanusiaan - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / Tingginya Angka Kematian Anak, Disebabkan oleh Krisis Kemanusiaan

Tingginya Angka Kematian Anak, Disebabkan oleh Krisis Kemanusiaan

 

 Tingginya Angka Kematian Anak, Disebabkan oleh Krisis Kemanusiaan

Sumber foto. Maan News

 

Palestineupdate.com – Kematian anak-anak di dunia ditaksir tinggi. Salah satu penyebabnya adalah krisis kemanusiaan, seperti yang terjadi di Palestina.

Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB): United Nations Children’s Fund (UNICEF), World Health Organization (WHO) dan United Nations Population Division, juga World Bank Group, mengeluarkan taksiran kematian terbaru pada Selasa (18/9).

Disebutkan bahwa sekitar 6,3 juta anak di bawah usia 15 tahun meninggal dunia pada tahun 2017, atau sama dengan satu anak setiap lima detik.

Menurut laporan UNICEF, penyebab kematian adalah krisis air, sanitasi (penjagaan kebersihan/kesehatan), nutrisi dan perawatan kesehatan dasar. Menyebutkan bahwa sebagian besar kematian-kematian ini, 5,4 juta, terjadi pada lima tahun pertama kehidupan. Mereka yang baru lahir, separuhnya mengalami kematian.

Seorang ahli dari UNICEF, Lawrence Chandy, mengatakan, “Dengan solusi-solusi sederhana seperti obat-obatan, air bersih, listrik dan vaksin, angka kematian dapat dikurangi secara signifikan, namun 5,6 juta anak di bawah usia 5 tahun, dan separuh jumlah bayi baru lahir, akan meninggal dari sekarang hingga 2030, apabila tidak ada tindakan darurat.”

Baca juga: Zionis Israel Bunuh 6 Warga Palestina dalam 24 Jam

Krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina, khususnya di wilayah pemblokadean Gaza, menjadi salah satu faktor utama tingginya angka kematian anak-anak. Krisis obat-obatan, air bersih, listrik, pelarangan berobat ke luar wilayah Gaza, menyebabkan keberlangsungan hidup warga termasuk anak-anak menjadi rendah.

Dikabarkan, Gaza akan menjadi tempat yang tidak layak ditinggali pada tahun 2020. Apabila pemblokadean terus berlangsung, sulit bagi Gaza untuk bangkit dan keluar dari “domino” krisis kemanusiaan. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Diolah dari beberapa sumber

About admin

Check Also

Israel Hancurkan 2 Rumah Warga Palestina di Hebron -Palestine Update

Israel Hancurkan 2 Rumah Warga Palestina di Hebron

Palestineupdate - Dilansir dari Quds Press, Pasukan pendudukan Israel pada Rabu (10/10), menghancurkan 2 rumah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks