UNICEF Kecam Pembunuhan Anak-anak Palestina di Aksi Kepulangan Akbar - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / UNICEF Kecam Pembunuhan Anak-anak Palestina di Aksi Kepulangan Akbar

UNICEF Kecam Pembunuhan Anak-anak Palestina di Aksi Kepulangan Akbar

Palestineupdate.com – Salah satu lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNICEF (United Nations Children’s Fund), yang fokus dalam membantu anak-anak di dunia, belum lama ini mengungkapkan kesedihan mendalam terkait dibunuhnya dua remaja Palestina di Gaza.

UNICEF mengutarakan kesedihan yang mendalam atas dibunuhnya remaja berusia 14 tahun dan 18 tahun, yang ditembak pada hari Jumat oleh tentara Israel di dekat pagar perbatasan Jalur Gaza.

“Kondisi pasti kematian mereka masih dalam verifikasi,” ungkap pihak UNICEF pada hari Sabtu. “Ini menambah jumlah anak Palestina yang dibunuh tahun ini yakni empat orang.”

“Ini merupakan pengingat nyata akan kekejaman signifikan, yang anak-anak Palestina harus pikul. Karena kita memperingati 30 tahun sejak Konvensi Hak-hak Anak, sudah sepatutnya bahwa hak fundamental anak-anak dihormati,” ungkap UNICEF.

“Sudah saatnya kekerasan terhadap anak-anak diakhiri… Anak-anak hanyalah anak-anak. Mereka haruslah dilindugi setiap saat. Anak-anak tidak semestinya dijadikan target. Mereka juga tidak boleh terkena segala bentuk kekerasan, oleh pihak mana pun,” tambahnya.

Baca Juga: UNICEF Adakan Acara Maraton sebagai Bentuk Dukungan untuk Anak Palestina

Anak-anak di Palestina memang menjadi bagian dari target para penjajah Israel. Belum lama ini, dua remaja Palestina meninggal dunia dalam Aksi Kepulangan Akbar, di perbatasan Gaza-Israel. Hamza Mohammad Shteiwi (18) ditembak oleh penembak jitu Israel. Selain itu, Hasan Iyad Shalabi (14) juga meninggal setelah ditembak oleh tentara Israel.

Selama 46 pekan dari Aksi (damai) Kepulangan Akbar di Gaza, tentara Israel terus menggunakan kekuatan mematikan dan bentuk lain yang berlebihan terhadap demonstran Palestina. Dokumentasi oleh Pusat Hak Asasi Manusia AlMezan menunjukkan bahwa pada hari Jumat, 8 Februari 2019, tentara Israel membunuh dua anak dan melukai 104 demonstran, termasuk 43 anak, lima wanita, dan satu paramedis – 22 dari mereka terkena peluru (live ammunition) dan 48 orang cedera akibat menghirup gas air mata. Satu demonstran terluka parah.

AlMezan menambahkan bahwa semenjak protes pada 30 Maret 2018, 265 warga Palestina dibunuh di Jalur Gaza. Dari jumlah kematian, 188 di antaranya meninggal dunia dalam aksi protes, termasuk 38 anak, dua wanita, dua jurnalis, tiga paramedis, dan delapan orang disabilitas, termasuk satu anak. 14.378 orang lainnya terluka, termasuk 3.058 anak, 630 wanita, 171 paramedis, dan 149 jurnalis. Dari jumlah yang terluka, 7.635 orang ditembak oleh peluru (live fire), termasuk 1.426 anak dan 152 wanita. Tentara Israel juga terus menahan jasad 11 warga, termasuk tiga anak. (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Days of Palestine

About admin

Check Also

Irlandia Dukung Palestina - Palestine Update

Irlandia Adakan Pertemuan Internasional untuk Bahas Isu Kepalestinaan

Palestineupdate.com – Kementerian Luar Negeri Irlandia mengadakan sebuah pertemuan di ibu kota Irlandia, Dublin, guna membahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks