Universitas Leeds di Inggris Putuskan Hubungan dengan Perusahaan Pendukung Israel - Informasi Palestina Terkini
Home / Berita / Universitas Leeds di Inggris Putuskan Hubungan dengan Perusahaan Pendukung Israel

Universitas Leeds di Inggris Putuskan Hubungan dengan Perusahaan Pendukung Israel

Palestineupdate.com – Universitas Inggris Raya telah mengakhiri investasi di sejumlah perusahaan yang terlibat dalam perdagangan senjata dengan Israel, sebagai maksud mengikuti kampanye BDS yang dipimpin mahasiswa, dilansir dari Alaraby.co.uk/english.

Universitas Leeds telah menghentikan perjanjian dengan Airbus, United Technologies dan Keyence Corporation – semuanya merupakan perusahaan yang menyediakan peralatan militer untuk Israel.

Universitas tersebut sekarang ini meninjau hubungannya dengan HSBC, yang memberikan pinjaman kepada Elbit Systems, Caterpillar dan BAE Systems, ketiganya yang melakukan transaksi senjata dengan Israel.

Kampanye tersebut didorong oleh ratusan mahasiswa universitas, alumni dan staf, yang menandatangani surat terbuka ke wakil rektor universitas, setelah mengetahui bahwa universitas tahun ini telah berinvestasi sebesar 2,4 juta pound sterling (USD 3,1 juta) di perusahaan-perusahaan tersebut.

Keputusan, yang keluar pada tanggal 2 November, diapresiasi oleh Kelompok Solidaritas Palestina Leeds (Leeds Palestine Solidarity Group), di mana ketuanya Evie Russel-Cohen menghargai upaya para mahasiswa.

“Ini sudah jelas bahwa seruan Palestina untuk memboikot (Boycott, Divestment and Sanctions) didengar di Inggris Raya,” ucap Russel-Cohen.

“Mahasiswa tidak lagi rela melihat biaya pendidikan mereka digunakan untuk mendanai perusahaan-perusahaan senjata, di mana keuntungannya digunakan untuk membunuh warga Palestina.”

Russel-Cohen berharap bahwa pergerakan ini, yang para aktivis anggap sebagai hal pertama untuk universitas Inggris Raya, akan menjadi cerminan bagi universitas-universitas lain di Inggris Raya.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Akhir Pekan di Palestina

“Ini adalah kesuksesan besar, tapi kami harap ini hanya permulaan saja dari gelombang perubahan di seluruh universitas Inggris Raya. Pendidikan kita tidak bisa lagi dikorbankan untuk hidup manusia.”

Awal tahun ini, orang-orang yang melakukan kampanye BDS di Universitas Manchester mendapatkan kemenangan setelah membuat Sabra Hummus (yang terkait dengan Israel), ditarik dari rak-rak kampus.

Pada tahun 2016, persatuan mahasiswa yang mengklaim sebagai salah satu persatuan mahasiswa terbesar di Inggris Raya – mengadopsi gerakan BDS.

Mereka telah berusaha mengungkapkan hubungan universitas dengan perusahaan-perusahaan yang terlibat dengan Israel, yang terlibat dalam pendudukan terhadap wilayah Palestina juga pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia.

Israel melihat pergerakan boikot ini sebagai ancaman strategis dan menuduhnya sebagai bentuk anti Yahudi – sebuah klaim yang disangkal oleh para aktivis, yang mengatakan bahwa mereka hanya ingin melihat pendudukan Israel berakhir. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

UNRWA Bangkit dari Keterpurukan - Palestine Update

Krisis Dana di 2018, UNRWA Akhirnya Berhasil Bangkit dari Keterpurukan

Palestineupdate.com – Setelah kemelut panjang yang dialami UNRWA terkait krisis dana anggaran, karena Amerika Serikat yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

×
we are very glad if you contact us. Thanks