WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / UNRWA Tolak secara Tegas Seruan AS Bubarkan Lembaga

UNRWA Tolak secara Tegas Seruan AS Bubarkan Lembaga

Palestineupdate.com – Ketua Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi Palestina, UNRWA, telah menolak seruan Amerika Serikat yang menuntut pembubaran lembaga. Dirinya mengatakan bahwa lembaga tidak bisa disalahkan untuk “upaya perdamaian yang terhenti”.

Sekretaris Jenderal UNRWA, Pierre Krahenbuhl, pada hari Kamis lalu (23/5) menolak kritik dari Utusan AS Jason Greenblatt saat kunjungannya ke wilayah pemblokadean Jalur Gaza.

“Saya dengan terang-terangan menolak narasi yang menyarankan bahwa entah bagaimana, UNRWA yang harus disalahkan untuk ‘keberlanjutan pengungsian’ dari para pengungsi Palestina, atas pertumbuhan jumlah mereka, dan pertumbuhan kebutuhan mereka,” ungkapnya dalam menanggapi pernyataan Greenblatt.

“Kenyataan bahwa UNRWA masih ada hari ini merupakan gambaran dari gagalnya partai-partai dan komunitas internasional dalam menyelesaikan masalah secara politik – dan seseorang tidak bisa mengalihkan perhatian pada organisasi kemanusiaan,” lanjutnya dalam sebuah konferensi berita di Kota Gaza.

Tahun lalu, Amerika Serikat sendiri memotong dana bantuan tahunan untuk UNRWA sebesar USD 300 juta, dan menyebabkan lembaga kemanusiaan itu mengalami krisis yang belum pernah dialami sebelumnya.

Baca Juga: UNRWA Kecam Sikap Trump yang Hentikan Pemberian Dana

Meski begitu, tindakan-tindakan Trump yang menunjukkan keberpihakannya pada Israel termasuk terkait sikapnya terhadap isu pengungsi – telah membuka mata publik Amerika Serikat mengenai nasib orang-orang Palestina.

UNRWA AS, lembaga kemanusiaan yang beroperasi secara independen dari UNRWA, telah melihat peningkatan minat yang luar biasa dari publik AS. Hal tersebut diungkapkan oleh direktur komunikasi lembaga tersebut, Laila Mokhiber.

“(Para pengungsi Palestina) telah menjadi buah bibir masyarakat; lebih banyak warga AS yang tahu apa itu UNRWA. Saat kami terus berupaya meningkatkan visibilitas lembaga, kami yakin bahwa kami akan melihat lebih banyak dukungan untuk keberlangsungan kinerja (UNRWA),” ucap Laila pada Oktober 2018 lalu.

“…, sangatlah penting untuk menunjukkan bahwa publik AS benar-benar peduli dengan isu ini.”

Selain itu, belum lama ini juru bicara UNRWA – Sami Mshasha, berterima kasih kepada negara-negara yang terus mendukung lembaga. Ia juga menyeru komunitas internasional untuk mendukung program-program vital dan anggaran lembaga.

Dirinya menekankan pentingnya pemberian dukungan ini, serta memberi tahu agar berpartisipasi dalam konferensi penggalangan dana yang akan diselenggarakan di New York, Amerika Serikat, pada 25 Juni mendatang. (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Middle East Eye, Wafa News Agency

About admin

Check Also

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina- Palestine Update

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina

Palestineupdate.com – Israel telah melarang pemberian visa untuk para akademisi yang mencoba bekerja di universitas-universitas terkemuka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *