WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Warga Gaza Kembali Berkumpul di Perbatasan untuk Aksi Pekan ke-53

Warga Gaza Kembali Berkumpul di Perbatasan untuk Aksi Pekan ke-53

Palestineupdate.com – Ratusan warga Palestina berkumpul di daerah perbatasan Gaza – Israel pada hari Jumat (12/4), di mana mereka ambil bagian dalam aksi (damai) anti penjajahan Israel pekan ke-53.

Komite Nasional Gaza untuk Hancurkan Pemblokadean (terdiri dari beberapa fraksi perlawanan yang berbasis di Gaza) menyatakan dalam sebuah pernyataan; mereka menyeru warga Gaza untuk ambil bagian dalam aksi damai di hari Jumat.

Selain itu, pada Jumat petang, Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa seorang remaja Palestina telah dibunuh di dekat daerah perbatasan, oleh senjata tentara Israel.

“Masira Abu Shallouf (15), meninggal dunia setelah ditembak di bagian perut, di kota Jabaliya bagian timur,” menurut kementerian dalam sebuah pernyataan.

Sejak warga Palestina mengadakan aksi protes secara damai di sepanjang daerah perbatasan, lebih dari satu tahun lalu, hampir 270 demonstran dibunuh dan ribuan orang lebih terluka.

Baca Juga: Ikon Aksi Kepulangan Akbar Ditembak oleh Penjajah Israel

Selain itu, sedikitnya 66 warga lainnya ditembak dan terluka akibat peluru (live ammunition), sementara puluhan lainnya mengalami sesak napas akibat menghirup gas air mata.

Menurut laporan OCHA Perlindungan Warga Sipil, pada periode 26 Maret – 8 April 2019; empat warga Palestina termasuk dua anak, dibunuh tentara Israel dalam Aksi Kepulangan Akbar, sementara 1.456 lainnya terluka.

Aksi yang dilakukan para demonstran adalah untuk menuntut hak pulang pengungsi-pengungsi Palestina ke rumah mereka, di wilayah bersejarah Palestina, yang dicuri tahun 1948 untuk mendirikan Israel.

Mereka juga menuntut penjajah agar mengakhiri 12 tahu pemblokadean di Jalur Gaza, yang telah meruntuhkan sektor ekonomi wilayah pemblokadean dan menyulitkan sekitar dua juta warga dalam memperoleh kebutuhan-kebutuhan dasar. (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Middle East Monitor, Wafa News Agency

About admin

Check Also

420 Warga Palestina Ditangkap Penjajah Selama Bulan Juli - Palestine Update

420 Warga Palestina Ditangkap Penjajah Selama Bulan Juli

 Selama bulan Juli kemarin, sebanyak 420 warga Palestina ditangkap oleh Israel termasuk anak-anak dan wanita. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *