WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Warga Gaza Kembali Terima Dana Bantuan dari Qatar

Warga Gaza Kembali Terima Dana Bantuan dari Qatar

Palestineupdate.com – Bantuan internasional kembali diterima oleh wilayah pemblokadean Jalur Gaza, yang kali ini datang dari negeri Teluk Persia kaya gas yakni Qatar, dilansir dari laman Press TV.

Warga Palestina yang tinggal di sana akan menerima tahap baru bantuan keuangan. Laporan media mengutip pejabat Qatar yang tidak disebutkan namanya, mengabarkan pada hari Senin bahwa dana tersebut diberikan ke Gaza pada Ahad petang oleh utusan Qatar untuk Gaza.

Hibah tunai sebesar USD 10 juta didistribusikan untuk lebih dari 100 ribu keluarga Gaza yang tidak mampu di seluruh wilayah pemblokadean, dengan menerima USD 100 untuk setiap keluarganya.

Selain itu, USD 15 juta lainnya akan diberikan untuk proyek-proyek infrastruktur dan “uang tunai untuk pekerjaan”.

Di awal bulan Mei lalu, Qatar mengalokasikan hampir setengah miliar dolar Amerika Serikat untuk membantu Otoritas Palestina dan Kelompok Perlawanan Islam Hamas, guna mendukung layanan kesehatan dan pendidikan, serta menyediakan bantuan kemanusiaan darurat.

Baca Juga: Qatar Selesai Bangun Pusat Rehabilitasi untuk Difabel di Jalur Gaza

Qatar telah berjanji untuk memberikan USD 15 juta per bulan untuk Gaza, di bawah perjanjian tidak formal pada bulan November lalu.

Sementara itu, pada 24 Januari lalu, Hamas menolak dana bantuan Qatar karena perubahan kondisi Israel yang disebabkan kerusuhan di sepanjang pagar perbatasan antara wilayah pemblokadean dan Israel, mengkritik Israel karena menerapkan kondisi baru untuk masuknya dana ke wilayah Gaza.

Hamas sendiri belum lama ini mengumumkan sejumlah langkah baru guna memberikan dukungan untuk keluarga-keluarga tidak mampu, memperbaiki infrastruktur untuk listrik, memperluas ekspor-impor, dan menjamin para lulusan universitas yang menganggur agar mendapatkan pekerjaan.

Akibat pemblokadean dan serangan yang sering kali menimpa wilayah Gaza, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebutkan bahwa sekitar 80 persen warga Gaza ketergantungan dengan bantuan internasional. (kimikim/palestineupdate)

About admin

Check Also

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina- Palestine Update

Israel Tolak Visa Para Akademisi yang Kunjungi Universitas-universitas Palestina

Palestineupdate.com – Israel telah melarang pemberian visa untuk para akademisi yang mencoba bekerja di universitas-universitas terkemuka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *