WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Wacana / Permudah Akses Pengemudi, Warga Palestina Buat Aplikasi Peta

Permudah Akses Pengemudi, Warga Palestina Buat Aplikasi Peta

Mengantisipasi gangguan Israel dalam perjalanan lalu lintas pribumi Palestina, seorang pengusaha di bidang teknologi membuat aplikasi seluler peta untuk para pengendara.

Palestineupdate.com – Informasi Palestina terkini datang dari wilayah Tepi Barat, di mana seorang warga Palestina berhasil membuat aplikasi yang dapat membantu pribumi terhindar dari pos-pos pemeriksaan Israel.

Dilansir dari laman Palestine News Network, sebuah aplikasi seluler yang baru dikembangkan akan membantu para pengemudi Palestina agar menemukan rute menuju kota dan desa, juga terhindar dari pos-pos pemeriksaan baru di Tepi Barat.

Permudah Akses Pengemudi, Warga Palestina Buat Aplikasi Peta-Palestine Update

Keterangan foto: Salah satu pos pemeriksaan Israel di Palestina. (Sumber. Mondoweiss)

Aplikasi “Doroob Navigator” yang diluncurkan pada bulan Juni ini, merupakan penemuan dari Mohammad Abdel Haleem (39), CEO dari Doroob Technologies, yang didanai oleh perusahaan perangkat lunak berbasis di Ramallah “Ideal”, dan juga diawasi oleh Abdel Haleem sendiri.

“Kami harus mendesain peta kami dari awal secara lengkap. Tembok (rasial), pos pemeriksaan, pemukiman…perangkat lunak pemetaan yang saat ini ada tidak akan pernah bisa menjelaskan kompleksitas di sini (Palestina),” ungkap Abdel Haleem.

Aplikasi tersebut telah mengumpulkan 22 ribu pengguna hanya dalam waktu dua bulan, dan menurut pengembangnya, aplikasi memungkinkan untuk dimonetisasi di masa depan – sebagian melalui fitur pengiriman.

Informasi Seputar Palestina lainnya yang bisa Anda baca: Sejumlah Aktivis Protes atas Dibukanya “Jalan Apartheid” di Yerusalem

Seperti platform Waze dan Google Maps, Doroob Navigator memungkinkan para pengguna untuk melaporkan permasalahan lalu lintas, namun keunggulannya dibandingkan dua aplikasi yang biasa digunakan tersebut adalah memungkinkan pengguna untuk memasukkan informasi kemunculan polisi (Israel), adanya pos pemeriksaan, atau jalan yang ditutup.

Permudah Akses Pengemudi, Warga Palestina Buat Aplikasi Peta - Palestine Update
Tampilan aplikasi Doroob Navigator (Sumber: doroob.net)

Dengan fitur yang sangat membantu tersebut, Doroob Navigator menciptakan gambaran yang lebih tepat mengenai realitas lalu lintas untuk para pengemudi Palestina.

Aplikasi yang baru dikembangkan ini menggabungkan laporan dari penggunanya dengan input manual oleh staf teknik, dalam upaya membantu pengemudi menghindari lalu lintas pos pemeriksaan yang bersifat menghambat, dan menghindari pemukiman (ilegal) Israel.

Sekitar tiga juta warga Palestina tinggal di Tepi Barat, berdampingan dengan kurang lebih 450 ribu pemukim Israel yang secara umum dapat mengemudi tanpa hambatan berarti, dengan mengakses jalan yang disebut “bypass roads”, dan dibangun untuk menghindari kota-kota Palestina.

Sebagian besar warga Palestina tidak bisa masuk dan berkendara di jalanan yang melalui pemukiman Israel tersebut.

Permudah Akses Pengemudi, Warga Palestina Buat Aplikasi Peta - Palestine Update

Keterangan foto: Jalan yang (hanya) diperuntukkan bagi pengemudi Israel di Bethlehem, Tepi Barat. (Sumber. Australians for Palestine)

“Aplikasi lain mungkin mengatakan (bahwa) satu-satunya cara untuk berkendara di antara kota-kota tertentu di Palestina adalah dengan mengambil jalan memotong melalui pemukiman,” ungkap Abdel Haleem, ia juga menambahkan, “Kami sedang mencoba mengubahnya.”

Abdel Haleem melanjutkan, aplikasi juga dapat digunakan di wilayah pemblokadean Jalur Gaza, meskipun pengguna paling aktif adalah mereka yang berada di wilayah pendudukan Tepi Barat.

“Kami memerlukan aplikasi semacam ini, yang akan membantu kami beraktivitas di dalam wilayah Palestina,” ucap Nicolas Harami (31), yang menggunakan aplikasi tersebut untuk berkendara dari rumahnya di Yerusalem Timur ke Ramallah dan kota-kota lain di Tepi Barat. “Aplikasi lain tidak memahami situasi kami,” tambahnya. (kimikim/palestineupdate)

*Monetisasi – konversi sesuatu menjadi sumber penghasilan (KBBI)

About admin

Check Also

Selandia Baru Hapus Peta Israel - Palestine Update

Laman Resmi Pemerintah Selandia Baru Hapuskan Israel dari Peta

Palestineupdate.com – Berbanding terbalik dengan Google yang menghilangkan Palestina dari peta dan menggantinya dengan nama Israel, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *