WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / 3 Simbol Perjuangan Kemerdekaan Palestina

3 Simbol Perjuangan Kemerdekaan Palestina

Palestina terus berusaha menjaga identitas negeri dari ancaman pembersihan identitas oleh Israel. Beberapanya melalui: pakaian dan tarian tradisional, juga lagu kebangsaan.

palestineupdate.com – Melalui banyak lini, Palestina terus berjuang dalam menjaga identitas negeri, di tengah gempuran simbol buatan Zionis yang ingin mengganti identitas asli di sana. Salah satunya melalui 3 simbol berikut, yang berkaitan dengan kebudayaan dan semangat nasionalisme. Lantas, apa saja simbol perjuangan tersebut? Simak ulasan selengkapnya dalam kabar Palestina hari ini.

 

Berita Palestina: Pohon Zaitun, Simbol Perdamaian Palestina yang Dirusak

 

Thobe

Ialah pakaian tradisional wanita Palestina. Dalam pembuatannya, diperlukan waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan satu baju dengan motif sulaman khusus. Harga penjualan bahkan bisa dibandrol hingga ribuan dolar.

palestina hari ini - thobe, pakaian tradisional wanita palestina - www.palestineupdate.com (2) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Thobe, pakaian tradisional wanita Palestina. (Sumber. Egypt Independent)

 

Awal sejarah Thobe dimulai pada awal abad ke-19, yang pembuatannya biasa dilakukan para petani wanita di waktu senggang. Selain memiliki desain yang berbeda-beda tergantung desa masing-masing, Thobe juga mengekspresikan posisi sosial perempuan, seperti: warna merah untuk pengantin, biru untuk janda, dan biru dengan jahitan berwarna-warni – untuk janda yang berpikir untuk menikah lagi.

Tidak hanya itu, desain dari Thobe juga bisa merefleksikan banyak peristiwa dalam sejarah Palestina. Salah satu contohnya adalah pada masa Intifadhah pertama di tahun 1980-an. Ketika itu, Thobe dihiasi oleh sulaman dengan gambar senjata api, merpati, dan bunga-bunga.

Ketika para tentara Israel juga menyita bendera Palestina – dalam berbagai unjuk rasa, para wanita menenun motif peta dan warna negara pada baju-baju mereka.

 

Dabke

Dabke merupakan tarian khas Palestina, yang juga sudah cukup terkenal di komunitas internasional. Tarian ini menggambarkan situasi Palestina di bawah penjajahan Israel. Uniknya, alih-alih menampilkan kesedihan, warga Palestina justru berusaha menampilkan semangat dan optimisme melalui tarian Dabke. Selain itu, Dabke pun melambangkan simbol solidaritas, sukacita, ketabahan, kekuatan, dan tekad besar rakyat Palestina.

palestina hari ini - tarian dabke di aksi protes terhadap israel - www.palestineupdate.com (3) www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Dabke, tarian tradisional Palestina. (Sumber. Middle East Eye)

 

Di dalam tariannya, para penari akan melalukan gerakan melompat, menghentak, mengayun, dan mengetukkan kaki dengan irama yang teratur. Gerakan dapat dilakukan dalam gerakan melingkar juga linear, sesuai dengan ketukan irama, dan diiringi oleh instrumen tradisional negeri anbia.

Dabke sendiri merupakan ciri khas tradisi desa di Palestina, yang berkaitan dengan siklus alami pertumbuhan dan kesuburan. Karena itu, Dabke biasanya dilakukan pada saat acara sosial pernikahan ataupun pesta.

Tidak hanya itu, tarian ini juga merupakan cara masyarakat dalam menunjukkan rasa bangga atau terima kasih – terhadap satu sama lain dan tanah air. Maka, Dabke pun biasanya dilakukan ketika perayaan kelahiran bayi, perayaan syukur atas rumah baru dibangun, atau selama masa panen.

 

Berita Palestina: Pakaian Tradisional Palestina Merupakan Simbol Politik?

 

Warga yang ikut menari Dabke menganggap, tarian ini menjadi ajang pemersatu warganya, dan bukan sekadar kesenangan pribadi, olahraga, atau penampilan biasa. Akan tetapi, merupakan simbol kekeluargaan yang muncul di antara mereka.

Walaupun sering dilakukan pada acara sosial, di dalam rangkaian aksi “Great Return March”, Dabke juga dilakukan sebagai bentuk protes.

 

Fida’i

Lagu kebangsaan rakyat Palestina ini digubah oleh seorang maestro berkebangsaan Mesir, yaitu Ali Ismael. Sementara itu, lirik lagu sendiri ditulis oleh Said Al-Muzayin – yang juga dikenal sebagai “The Rebel Boy”.

 

Fida’i Lagu Kebangsaan Revolusi Palestina

 

Fidai’ juga disebut sebagai “Lagu Kebangsaaan Intifadhah” atau “Lagu Kebangsaan Revolusi Palestina”, dan disahkan oleh Organisasi Pembebasan Palestina pada tahun 1972.

Lirik lagu dari Fida’i sendiri menggambarkan tentang pengorbanan negara, dalam memperoleh kemerdekaan. Kata “fida’i” (arti: penebusan) yang muncul beberapa kali dalam lirik lagi, berasal dari bahasa Arab dan bermakna “pria yang bersedia mengorbankan hidupnya”.

Jika dicermati, lirik di dalam lagu tersebut sangat membangkitkan rasa nasionalisme, yang juga begitu membakar semangat rakyat Palestina.

Adanya Thobe, Dabke, dan Fida’i menjadi pesan tersirat yang begitu bermakna, bahwa penjajahan tidak menyurutkan semangat warga sama sekali dalam menjaga identitas negeri. Wallahu’alam. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Salam UI

About admin

Check Also

Perjalanan Masjid Al-Aqsha Sebagai Pusat Pengajaran Al-Quran

Masjid Al-Aqsha telah menjadi pusat ilmu pengetahuan sejak berabad-abad yang lalu. palestineupdate.com – Selain menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *