WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / 5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia

5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia

Di masa awal kemerdekaan Indonesia, ada 5 negara yang mengakui proklamasi terkait, dan salah satunya adalah Palestina.

palestineupdate.com – Sudah memasuki bulan Agustus, yang artinya negeri kita tercinta akan berulang tahun dalam waktu dekat. Berbicara tentang dirgahayu, Indonesia ternyata memiliki hubungan istimewa dengan Palestina sejak dulu – bahkan negeri anbia merupakan satu dari lima negara pertama, yang mengakui kemerdekaan tanah air. Lalu, negara apa saja yang memberikan dukungan di masa awal? Simak ulasan selengkapnya dalam kabar Palestina hari ini.

berita palestina - australia, salah satu negara pertama yang akui kemerdekaan indonesia - www.palestineupdate.com (1) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Sydney Opera House, Australia. (Sumber. Tribun Travel)

Australia

Negeri kangguru ini telah mengakui kemerdekaan Indonesia sejak masa awal, beberapa tahun setelah proklamasi. Menurut situs resmi Kedutaan Besar Australia di Indonesia, Canberra menjadi utusan Indonesia pada Komisi Jasa Baik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dalam perundingan pengakuan PBB pada tahun 1949.

Sementara itu, satu tahun sebelumnya, perwakilan Australia di PBB – Thomas Critchley – bertemu dengan Soekarno di Yogyakarta.

Ini menjadi pertanda bahwa hubungan kedua negara sudah terjalin lebih dulu, dibanding saat Indonesia berupaya maju ke PBB – untuk diakui sebagai negara merdeka.

berita palestina - afganistan, salah satu negara pertama yang akui kemerdekaan indonesia - www.palestineupdate.com (2) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Museum Kabul, Afganistan. (Sumber. Wikimedia)

Afganistan

Negara ini memberikan pernyataan bahwa bekas jajahan Belanda dan Jepang telah bebas, pada tahun 1947, tidak lama setelah pengakuan yang diberikan oleh Mesir.

Dalam sebuah buku berjudul “Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri” oleh Zein Hassan, disebutkan bahwa sikap Afganistan diberitakan dalam koran Al-Ahram.

Di dalamnya dikabarkan; Kairo mengirim kawat pada Duta Besar Afganistan di Washington DC, Amerika Serikat, yang berisi pesan untuk disampaikan kepada Sutan Sjahrir terkait pengakuan tersebut.

berita palestina - mesir, salah satu negara pertama yang akui kemerdekaan indonesia - www.palestineupdate.com (3) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Piramida, salah satu tujuan wisata populer di Mesir. (Sumber. Liputan 6)

Mesir

Negeri ini memiliki andil besar dalam membuat negara-negara lain mau mengakui kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1946. Berkat dorongan Mesir, Liga Arab yang beranggotakan negara seperti Arab Saudi dan Irak, bersedia mengakui bahwa ada negara baru di Asia yang berdiri satu tahun sebelumnya.

Selain itu, Haji Agus Salim – tokoh diplomasi Indonesia sekaligus Menteri Muda Luar Negeri – berkunjung ke Kairo pada tahun 1947. Tujuannya adalah untuk memulai penetapan hubungan persahabatan antara Mesir dan Indonesia.

Ketika itu pula, Duta Besar Belanda di Mesir melakuka protes atas sikap Kairo yang mendukung kemerdekaan negeri bekas jajahannya

berita palestina - india, salah satu negara pertama yang akui kemerdekaan indonesia - www.palestineupdate.com (4) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Taj Mahal, India. (Sumber. Detik)

India

Sejak tahun 1946, Indonesia ternyata sudah menggalang dukungan dari India. Ketika itu, Indonesia masih berusaha melepaskan diri dari penjajahan Inggris. Lantas, salah satu upaya Indonesia (yang digagas Sutan Sjahrir – Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri) ialah mengirimkan 500 ribu ton beras ke negeri yang sedang dilanda kemiskinan.

Hal itu dilakukan ketika Indonesia pun masih serba kekurangan. Akan tetapi, beruntungnya usaha itu tidak sia-sia. Satu tahun kemudian, Haji Agus Salim berhasil memimpin delegasi Indonesia di Inter Asian Relations Conference di New Delhi.

Jawaharlal Nehru yang merupakan Perdana Menteri India pun, mengakui Indonesia sebagai negara merdeka, serta mendorong pemerintah lainnya agar mengikuti sikap tersebut.

berita palestina - palestina, salah satu negara pertama yang akui kemerdekaan indonesia - www.palestineupdate.com (5) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Kompleks Masjid Al-Aqsha di Al-Quds, Palestina. (Sumber. Akurat)

Palestina

Bisa dibilang, Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, bahkan ketika negeri anbia masih berjuang melawan Israel.

Di dalam buku “Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri” oleh Zein Hassan, disebutkan bahwa tokoh nasionalis Palestina sekaligus Mufti Agung Al-Quds (Yerusalem), Amin Al-Husseini, telah memberikan pengakuan terkait.

Pengakuan pun disampaikan melalui siaran radio berbahasa Arab, selama dua hari berturut-turut, dari kota Berlin di Jerman, pada tahun 1944. Ini dikarenakan, beberapa tahun sebelumnya Al-Husseini meninggalkan Al-Quds dan kemudian tinggal di Jerman.

 

Berita Palestina: Indonesia Akan Terus Berkomitmen Dukung Kemerdekaan Palestina

 

Itulah beberapa negara pertama yang memberikan pengakuan atas proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dari benua Afrika hingga Australia, merekalah yang mengakui eksistensi Indonesia sebagai negara sejak masa awal. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. IDN Times

 

About admin

Check Also

PU-1-Kenalan Yuk Dengan Sosok Penjaga Al Aqsa-www.palestineupdate.com(1)

Kenalan Yuk Dengan Sosok Penjaga Al Aqsa!

Para penjaga Al Aqsa atau dikenal sebagai Murabitun dan Murabithah menjadi sosok sentral dalam menjaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *