WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Berkenalan dengan Gerakan Perlawanan Islam Hamas

Berkenalan dengan Gerakan Perlawanan Islam Hamas

Tak kenal maka berkenalan. Walau Hamas sering kali disudutkan oleh Barat – khususnya Amerika, gerakan ini memiliki ikatan erat dengan rakyat Palestina.

palestineupdate.com – Hamas, nama organisasi yang begitu fenomenal dan mengundang pro-kontra. Lantas, apa identitas sebenarnya dari Hamas dan bagaimana aktivitas mereka? Simak ulasan selengkapnya dalam kabar Palestina hari ini.

 

Berita Palestina: Hamas Bongkar Sejumlah Prioritas untuk Merdekakan Palestina

 

Hamas mengeluarkan pernyataan pertamanya pada 14 Desember 1987, tepat 5 hari setelah dimulainya Intifadhah pertama. Pemicu Intifadhah sendiri adalah ketika seorang supir truk Israel menabrak sejumlah pekerja Palestina (asal Gaza), saat pribumi dalam perjalanan pulang sesudah bekerja di Israel. Insiden ini menewaskan 4 orang dan melukai 10 lainnya.

Lalu, apa itu Hamas? Hamas merupakan gerakan Palestina dengan ideologi Islam, yang mendedikasikan “dirinya” untuk berjuang melawan pendudukan Israel di negeri anbia. Pendirinya yang berada dalam kondisi lumpuh – Syekh Ahmad Yassin, dibunuh oleh Israel pada 22 Maret 2004. Tragedi ini didalangi atau diawasi langsung oleh Ariel Sharon, Perdana Menteri Israel kala itu.

Segera setelah organisasi berdiri, Hamas memerintahkan anggota dan para pendukungnya di seluruh wilayah, untuk terlibat secara luas dalam Intifadhah. Hamas sendiri memiliki akar yang kuat di antara masyarakat Palestina, karena terlibat secara aktif selama dua dekade – dalam kegiatan amal, termasuk pelayanan kesehatan dan pendidikan, juga kegiatan kebudayaan serta olahraga.

berita palestina - gerakan perlawanan islam hamas - www.palestineupdate.com (2) (1)
Keterangan foto: Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh. (Sumber. Middle East Monitor)

 

Selama periode itu, antara tahun 1967 sampai 1987, Hamas mendirikan sejumlah badan amal sosial multi-cabang di Gaza dan Tepi Barat, yang menjalankan sejumlah sekolah. Tidak hanya itu, Hamas juga mendirikan sebuah universitas besar di Gaza.

Ketika Intifadhah kedua dimulai, Hamas terlibat secara masif dalam gerakan perlawanan bersenjata, serta mulai membuat roket, RPG, dan drone-drone baru, yang menimbulkan banyak kerusakan di pihak penjajah.

Pada tahun 2006, Hamas sepakat untuk ambil bagian dalam pemilihan parlemen. Hamas kemudian memenangkan suara di pemilihan dan membentuk pemerintahan sendiri, setelah fraksi-fraksi Palestina lain menolak berkoalisi dengannya.

 

Berita Palestina: Hamas Dokumentasikan 2.457 Pelanggaran Israel Selama Bulan April

 

Itulah sejumlah fakta menarik tentang Hamas, dan bagaimana awal mula gerakan Hamas itu sendiri terbentuk. Hingga hari ini, Hamas bersama rakyat Palestina khususnya Gaza, masih berjuang untuk membebaskan wilayah dari pemblokadean dan negeri dari penjajahan. Wallahu’alam. (kimikim/palestineupdate)

Sumber. Middle East Monitor

About admin

Check Also

berita palestina - kehidupan pesisir gaza palestina - www.palestineupdate.com (1)

Kehidupan Pesisir Gaza Semasa Blokade Israel

Menjadi nelayan di wilayah pemblokadean tidaklah mudah, seperti yang dirasakan bapak berusia 58 tahun ini: …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *