WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Berita / Fatah-Hamas Bersatu demi Lawan Rencana Israel Caplok Tepi Barat

Fatah-Hamas Bersatu demi Lawan Rencana Israel Caplok Tepi Barat

Fatah dan Hamas menyatukan kekuatan untuk melawan rencana pencaplokan wilayah Tepi Barat oleh Israel.

 

Palestineupdate.com – Reaksi atas rencana aneksasi (pencaplokan) Tepi Barat semakin masif digalakkan, bahkan hingga membuat Hamas dan Fatah – dua partai politik yang saling bertolak belakang – setuju untuk bergabung dalam gerakan melawan rencana AS-Israel tersebut. Kabar selengkapnya dalam berita Palestina berikut ini.

 

Palestina Hari Ini: Reaksi Dunia atas Rencana Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel

 

Dalam sebuah jumpa pers melalui telekonferensi, anggota Komisi Pusat Fatah Jibril Rajoub di Ramallah, dan kepala deputi Hamas Saleh Arouri di Beirut – Lebanon, mengatakan;

“Langkah terbaru ini merupakan hal paling berbahaya bagi rakyat Palestina, yang (lantas) mengharuskan kami semua agar menghadapi tantangan. Kami ingin maju dengan pandangan strategis, bersama seluruh faksi kekuatan nasionalis, untuk menghadapi tantangan-tantangan saat ini.”

palestina hari ini - gerakan fatah - www.palestineupdate.com (2) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Fatah, gerakan nasional pembebasan Palestina. (Sumber. Wikipedia)

Dirinya juga menekankan bahwa baik Hamas maupun Fatah, saat ini diharuskan bersatu dalam sebuah gerakan – setelah bertahun-tahun mengalami perbedaan – demi menunjukkan pada komunitas internasional, yang berdiri kokoh menentang rencana Israel; bahwa rakyat Palestina juga bersatu dalam perjuangan melawan rencana tersebut.

“Upaya yang dilakukan akan berfokus pada perlawanan rakyat dengan partisipasi Fatah, Hamas, dan seluruh faksi di fase berikutnya – untuk menghadapi aneksasi, jika pendudukan memutuskan untuk menjalankannya (rencana), dan hal ini (telah) disepakati oleh Komite Pusat Fatah serta para anggota biro politik Hamas,” lanjut Rajoub.

 

Berperang Melawan Aneksasi

Sementara itu, Arouri mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan peluang untuk memulai fase baru, dalam melayani rakyat Palestina di saat-saat berbahaya seperti ini.

palestina hari ini - gerakan hamas - www.palestineupdate.com (3) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Hamas, organisasi Islam Palestina. (Sumber. Kiblat)

“Pesan kami begitu kuat dan jelas, kepada rakyat kami, musuh kami, dan kepada dunia melalui konferensi ini; bahwa kami bersatu melawan aneksasi, dan kami, di seluruh Palestina baik di dalam maupun di luar, sedang berperang melawan aneksasi, dan ini adalah posisi dari seluruh kepemimpinan Hamas,” ungkapnya.

“Apa yang dibutuhkan adalah pendirian yang nyata dan jujur, untuk menghadapi rencana ini dan menggagalkannya. Kami telah melakukan hal ini di masa lalu dan kami bisa melakukannya lagi,” ucap pemimpin Hamas tersebut.

 

Perlawanan Masif di Jalur Gaza

palestina hari ini - demonstrasi di Gaza terkait aneksasi - www.palestineupdate.com (4) - www.palestineupdate.com
Keterangan foto: Demonstrasi tolak rencana aneksasi Tepi Barat oleh warga Gaza, Palestina. (Sumber. Eye on Palestine)

 

Demonstrasi juga dilakukan oleh massa di Jalur Gaza, Palestina, beberapa waktu lalu. Warga berbondong-bondong turun ke jalan, demi memprotes rencana aneksasi (pencaplokan) sekitar 30% wilayah Tepi Barat. Rencana yang berawal dari usulan Donald Trump (Presiden Amerika Serikat) dalam “Deal of the Century”. (kimikim/palestineupdate)

 

Sumber. Quds News Network, Eye on Palestine

About admin

Check Also

berita palestina - pabrik tekstil di jalur gaza - www.palestineupdate.com (1) - www.palestineupdate.com

Gaza Ekspor Masker ke Israel, Ironis tapi Manusiawi

Sekilas memang ironis, ketika melihat mereka harus memproduksi masker untuk penjajah, namun mereka justru sangatlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *