WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda.
Ajukan Pertanyaan Anda Kepada Kami
Home / Artikel / Great Return March; Perjuangan Palestina Untuk Merdeka

Great Return March; Perjuangan Palestina Untuk Merdeka

Peserta aksi Great Return March/foto:Middle East Eye 

Penduduk Palestina terus memperjuangkan kemerdekaannya. Aksi damai Great Return March menjadi salah satu titik balik gelaran aksi rutin setiap pekan untuk menyuarakan kejahatan Israel

Palestineupdate.com— Setelah menggelar aksi damai Great Return March sejak 30 Maret 2018 lalu, Palestina masih berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya. Aksi damai yang bertujuan sebagai bentuk protes terhadap kebijakan merugikan penjajah Israel ini telah menyisakan kisah kelam bagi Palestina dan dunia.

Bagaimana kabar Palestina terkini setelah dua tahun rutin menggelar aksi Kepulangan Akbar atau Great Return March berlangsung?

Palestine Update, telah menyajikan informasi berita Palestina hari ini selengkapnya untuk anda semua.

 

Blokade Gaza Masih Berlangsung Hingga Hari Ini

Jalur Gaza yang memiliki luas total 365 mil persegi itu berbatasan langsung dengan Israel disebelah Utara dan Timur, dengan Mesir di sisi Selatan, dan di sebelah Barat berbatasan langsung dengan Laut Mediterania. Wilayah inilah yang dijadikan rumah bagi hampir dua juta orang penduduk Palestina, sebagian besar penghuninya adalah pengungsi yang telah kehilangan tempat tinggalnya dahulu.

Potret penduduk Palestina di perbatasan Gaza dan Mesir/foto:The Nation

Selama lebih dari satu dekade, warga Palestina di Gaza telah diisolasi oleh Israel. Pintu-pintu masuk dan keluar dari Gaza ditutup dengan pos penjagaan yang begitu ketat keamanannya. Kondisi ini membuat penduduk Palestina yang tinggal di Gaza tidak bisa kemana-mana. Ekonomi jelas lumpuh total, mencari pekerjaan sungguh sulit, akses untuk mencukupi keperluan sehari-hari nyaris tidak tersedia. Bak ayam yang meninggal di lumbung padi, begitulah kira-kira kondisi penduduk Palestina ditanah airnya sendiri akibat dirampas oleh Israel.

Kondisi Gaza juga semakin diperparah oleh suplai listrik penerangan yang hanya mereka dapatkan selama 4 jam setiap harinya. Infrastruktur yang ada juga sangat terbatas, sehingga banyak warga yang tidak dapat terselamatkan kala membutuhkan penanganan medis cepat.

 

Simak informasi menarik lainnya tentang “Ragam Masker Unik Buatan Palestina

 

 

Aksi Damai Berbalas Brutal

Berangkat dari kekejaman yang kerap kali terjadi di Gaza, dan umumnya di Palestina, aksi damai kemudian digelar oleh ribuan penduduk Palestina, untuk menyuarakan protes atas kebijakan Israel yang begitu kejam. Tuntutan dari aksi ini adalah menyerukan kemerdekaan Palestina, menuntut agar warga Palestina dapat kembali ke tanah airnya selepas 750.000 warga Palestina harus meniggalkan rumahnya pada 1948 silam, serta menuntut Israel untuk menghentikan blokade terhadap Gaza.

Para peserta aksi Palestina dihujani gas air mata oleh tentara Israel/foto:Middle East Monitor

Demonstrasi Great Return March yang digelar sepanjang pagar antara Jalur Gaza dan Israel ini dibalas dengan brutal oleh para tentara Israel. Tembakan gas air mata dilontarkan, peluru panas dari penembak jitu Israel tidak segan menghujam dada para peserta aksi. Tindakan represif Israel ini menewaskan 266 orang peserta aksi dan melukai 300.000 orang lainnya dalam satu tahun gelaran aksi, seperti dilansir oleh Kementerian Kesehatan Gaza.

Sahabat Palestine Update, sampai saat ini perjuangan penduduk Palestina untuk merdeka, masih terus berlanjut tanpa henti. Kendati dilansir dari Middle East Monitor bahwa aksi Great Return March ini ditunda selama 3 bulan. Namun hal itu tidak menyurutkan langkah perjuangan dari penduduk Palestina untuk menyerukan berbagai protes untuk menentang penjajahan Israel. (itari/palestineupdate)

(Sumber: Al Jazeera, Middle East Monitor)

About admin

Check Also

PU - Quotes Palestina Ini Bikin Kamu Ngerti Arti Sebuah Perjuangan (2) www.palestineupdate.com

Quotes Palestina Ini Bikin Kamu Ngerti Arti Sebuah Perjuangan!

3 tokoh besar pejuang Palestina yang menyampaikan semangat perjuangan melalui kutipan yang terkenang hingga sekarang. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *